Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) akan mendorong berbagai program unggulan dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencanaan Pembangunan yang akan dilaksanakan pada 3-6 Maret 2020 di Surabaya.

"Tentunya, dengan pembahasan prioritas nasional dalam rangka pencapaian target pembangunan nasional dan penyelarasan prioritas pembangunan daerah, dalam rangka mendukung pencapaian target pembangunan nasional," kata Plt Kepala Bappeda Malut, Salmin Djanidi di Ternate, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan yang menjadi agenda setiap tahun ini bertujuan untuk mensinergikan kebijakan nasional oleh pemerintah pusat dan daerah terkait dengan target pembangunan nasional.

Salmin menyatakan Bappeda seluruh Indonesia hadir, ditambah dengan dinas terkait juga hadir, dalam rangka perumusan kebijakan nasional dan kebijakan daerah.

Untuk itu, semua harus sesuai dengan arah pembangunan nasional dan daerah. "Maka kita akan mendorong program yang lebih baik lagi ke depannya seperti di bidang perikanan dan kelautan, bidang pariwisata, pertanian, dan program-program unggulan lainnya," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan sinkronisasi seluruh program unggulan melalui rapat tersebut dalam rangka untuk menyusun program kerja, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan dapat tercapai dengan sebaik-baiknya.

Salmin menambahkan untuk Musrenbang Provinsi direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan April, untuk mengukur indikator kinerja masing-masing daerah, terutama terkait sasaran pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah) yang sudah ditetapkan.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020