Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon melakukan revitalisasi infastruktur pariwisata guna mendukung program Visit Ambon 2020.

"Tahun ini kita fokus menunjang pariwisata dengan melakukan revitalisasi sejumlah kawasan yang menjadi pusat aktifitas warga," kata Kepala Dinas PUPR Kota Ambon Enrico Matitaputty, Senin.

Dikatakannya, revitalisasi infrastruktur pariwisata telah dimulai sejak 2019 dengan menata kawasan Taman Pattimura dan Ruang Terbuka Publik (RTP) di Amahusu.
Pembangunan Taman Pattimura difokuskan pada revitalisasi air mancur dan fasilitas pendukung.

"Air mancur dimodifikasi kekinian mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, ditunjang penataan yang lebih menarik, yakni air mancur muncul lagu dan lampu warna-warni," katanya.

Di lokasi taman ini juga akan ada area bermain playground, jogging track untuk dijadikan kawasan publik ramah lingkungan dan se ruang terbuka hijau (RTH).

"Tahun 2019 pembangunan difokuskan pada revitalisasi air mancur dan fasilitas pendukung, sementara penataan kawasan akan dilakukan di tahun 2020, " ujarnya.

Sementara kawasan RTP Amahusu telah rampung dan difungsikan warga sebagai tempat berkumpul sambil menikmati akses wifi gratis.

Selanjutnya pembangunan RTP dilanjutkan di Pantai Air Salobar, yang saat ini dalam tahapan penyelesaian.

"RTP di pantai Air Salobar lokasinya lebih besar dari Pantai Amahusu, kita targetkan bukan hanya di dua kawasan ini tetapi pembangunan direncanakan akan dilanjutkan ke Kecamatan Baguala pada 2021," kata Enrico.

Pembangunan RTP, katanya, aktifitas publik tidak hanya terfokus di lapangan atau dalam ruangan saja, tetapi dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia.

"Kehadiran RTP diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara proporsional mengingat konsepnya modern," tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020