Gubernur Maluku Murad Ismail menyetujui Ruben Benharvioto Moriolkosu sebagai Pelaksana harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal itu disampaikan Bupati Petrus Fatlolon dalam acara pelantikan Ruben di Saumlaki, Senin.

Menurut bupati, Persetujuan PLH Sekda itu tertuang dalam surat Gubernur Maluku nomor: 421/1548 tanggal 30 April 2020 tentang persetujuan pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dikeluarkannya surat persetujuan Gubernur Maluku ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepulauan Tanimbar nomor: 821.22 - 162 - tahun 2020 tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Proses pelantikan hari ini telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan kita juga telah menerima rekomendasi dari Gubernur Maluku. Setelah itu, saya telah berkoordinasi dengan Gubernur Maluku terkait proses ini," kata Bupati.

Setelah melantik Ruben, buati berpesan agar dalam masa waktu tiga bulan bertugas nanti, Plh Sekda dapat melaksanakan lima hal yakni memastikan terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik dengan baik, memastikan agar seluruh pejabat struktural memberi perhatian lebih dan dukungan penuh kepada Gugus Tugas Covid-19 KKT, memotivasi para kepala desa untuk mengimbau masyarakat agar terus menanam pangan lokal untuk mengantisipasi kerawanan pangan yang terjadi akibat dampak pandemi COVID-19.

Bupati juga menekankan pentingnya perhatian serius terhadap faktor pendidikan dan kesehatan di daerah seperti belajar di rumah yang harus dipastikan tetap berjalan dengan adanya kontrol para guru.

"Pastikan SKPD terkait terutama dinas Cipta Karya agar melakukan monitoring titik-titik rawan banjir dan drainase apalagi saat ini sesuai informasi BMKG, curah hujan di beberapa wilayah termasuk di Kepulauan Tanimbar cukup tinggi," tandasnya.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Piterson Rangkoratat, Sekretaris Daerah periode 2017-2020 yang telah dilantik pekan kemarin sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan SDM.

Usai dilantik, Ruben Benharvioto Moriolkosu menyatakan kesanggupan untuk menjalankan tugas-tugas pelaksana harian Sekda saat diwawancarai.

"Saya akan mengonsolidasikan tugas-tugas ini dengan seluruh SKPD, terutama SKPD terkait yang diarahkan Bupati dalam lima tugas tadi untuk diberikan perhatian khusus," katanya.

Tentang kondisi kebersihan kota Saumlaki pada saat musim hujan ini, Ruben berjanji akan mengundang Dinas Cipta Karya dan Dinas Kebersihan Lingkungan untuk segera mengidentifikasi lokasi-lokasi rawan banjir dan diambil langkah penanganan.

"Apalagi dengan cuaca yang ekstrim ini jika tidak segera diatasi maka masyarakat akan mengalami kesulitan," katanya.

Sesuai pantauan, pelantikan PLH Sekda itu dihadiri oleh para Asisten Setda, para Staf Ahli Bupati, pimpinan SKPD, rohaniwan dan staf bagian Humas Setda.

Inspektur Daerah Jeditjia Huwae dan Asisten Setda bidang Administrasi Umum Bambang Eko Priyanto bertindak sebagai saksi.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020