Longsoran tanah dan batu yang menimpa dua rumah warga di kawasan RT 04/02 Skip Tengah serta RT 04/01 Skip Atas Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku tidak menimbulkan korban jiwa.

"Bencana alam berupa tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 12:30 WIT ini menimpa rumah keluarga Fredy Wattimena dan keluarga Ny. Ola Mailissa," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Senin.

Musibah ini akibat Pulau Ambon diguyur hujan lebat sejak subuh dan untungnya longsoran ini terjadi pada tengah hari, saat para pemilik rumah sedang melakukan aktivitas di luar.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu Meja, Bripka Andre Sohlait, bersama Babinsa Serda Dwiyanto, dan Lurah Batumeja, Siti Tuanaya langsung mendatangi lokasi bencana.

Longsor material tanah disertai batu ini telah mengakibatkan dinding rumah bagian belakang jebol, namun tidak ada warga yang terluka atau pun menjadi korban dalam peristiwa ini.

Menurut Julkisno, kehadiran Babhinkamtibmas, Babinsa, serta Lurah Batumeja ini langsung memimpin kegiatan pembersihan material longsoran bersama warga sekitar.

"Sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Ambon juga turun ke lokasi kejadian dan turut melakukan pembersihan material longsoran," ujarnya.

Julkisno mengingatkan masyarakat Pulau Ambon, baik yang ada di lereng bukit maupun bantaran sungai untuk selalu waspadai disaat musim hujan seperti yang berlangsung saat ini.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020