Sebanyak 44 orang warga Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon dengan gejala reaktif berdasarkan pemeriksaan cepat menggunakan Rapid Diagnose Test (RDT) kit, telah diisolasi di Balai Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku, di Desa Rumah Tiga, Ambon, sejak Jumat (8/5).

"Rapid test secara massal terhadap warga Kelurahan Waihaong, 44 orang hasilnya reaktif sehingga perlu dikarantina," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, di Ambon, Sabtu.

Pemeriksaan cepat secara massal serta "tracking" dilakukan terhadap warga Waihaong, karena penderita kasus 15 di Maluku, yakni HB bermukim di kawasan tersebut.

Apalagi empat dari delapan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berdasarkan hasil pemeriksaan "swap" dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Kamis (7/5), merupakan hasil penelusuran jejak dari penderita kasus 15.

Empat PDP positif COVID-19 tersebut yakni kasus 29, Ny.SA (60), kasus 30, laki - laki, HSJ (45), kasus 31, laki - laki HK(48) dan kasus 32 seorang perempuan, JH.

Penanganan kesehatan puluhan warga Waihaong yang dikarantina di Balai LPMP ditangani tim medis GTPP COVID -19 Maluku, di mana pada Sabtu pagi mereka melakukan olahraga bersama, yakni senam jantung sehat yang dipandu instruktur senam.

"Kami juga akan mengambil sampel swap mereka untuk diperiksa di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon bekerja sama dengan Balai POM Ambon," ujarnya.

Menurut kasrul beberapa diantara puluhan warga Waihaong tersebut, terutama yang merupakan hasil penelusuran kontak penderita kasus 15, telah diambil sampel lendir dari hidung dan tengorokannya untuk dikirim ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta pada Sabtu (2/5), tetapi hasilnya belum diperoleh.

"Mudah-mudahan hasil swap mereka negatif. Kondisi kesehatan mereka saat ini terlihat sangat sehat dan tidak ada gejala terpapar pandemi Covid-19," Demikian Kasrul Selang.
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020