Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku membagikan secara gratis 2,5 ton ikan cakalang kepada masyarakat di Kota Ambon yang terdampak COVID-19 , terutama warga Muslim yang akan merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, Jumat.

"2,5 ton ikan cakalang atau baby tuna ini dibagikan secara gratis kepada warga terdampak COVID-19 di tiga lokasi di Kota Ambon, lebih khusus warga Muslim yang akan merayakan Idul Fitri tahun ini," kata Kepala DKP Maluku Abdul Haris di Ambon, Jumat.

Pembagian ikan tersebut, menurut Haris merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun terutama menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti natal dan Idul Fitri dalam bentuk pasar murah ikan.

"Namun tahun ini berkaitan dengan pembatasan sosial karena COVID-19,  pasar murah diganti dengan pembagian ikan secara gratis kepada masyarakat, khususnya warga Muslim yang akan merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah," ujar Haris.

Haris yang didampingi Kabid Perikanan Budidaya Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan, DKP Maluku Roy Iwamony mengatakan, ikan yang dibagikan secara gratis kepada warga di Kota Ambon tersebut, merupakan jenis cakalang dan anak tuna, di mana ikan tersebut dibeli dari nelayan dan pembudidaya ikan di Kota Ambon maupun beberapa kabupaten lainnya di Maluku.

"Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat ang terdampak dalam mempersiapkan diri menyambut perayaan Idul Fitri dengan penuh sukacita serta ketersediaan makanan khususnya ikan yang cukup," katanya.

Mengonsumsi ikan, ujarnya juga berdampak meningkatkan imunitas tubuh warga dalam menghadapi pandemi COVID-19, termasuk mencegah dan mengatasi "stunting" atau kekerdilan pada anak dan balita di Maluku.

"Program bagi-bagi ikan gratis ini juga bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Maluku yang dipimpin istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail yang gencar mengampanyekan upaya pemberantasan stunting di Maluku," tandasnya.

Dalam program tahun ini, pembagian ikan dikhususkan di tiga lokasi di Kota Ambon yakni Pohon Mangga dan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe serta Dusun Taeno, Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon.

Di kawasan Pohon Mangga sedikitnya dibagikan 500 ikan cakalang (sekitar 650 kg) serta 350 masker, di Taeno sebanyak 400 cakalang atau (sekitar 500 kg) dengan 300 masker serta di Waihaong sekitar 600-800 kg dengan 350 masker.

"Program ini akan terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang guna meningkatkan minat makan ikan masyarakat di Maluku," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020