Harga gula pasir merek KBA yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional maupun di toko-toko swalayan di Ambon kini mulai turun.

Pantauan di lokasi pasar Mardika, Kamis, tercatat para pedagang menawarkan harga gula pasir merek KBA yang biasanya Rp19.000/Kg, kini turun hingga Rp16.500/Kg.

"Harga gula pasir merek KBA sudah turun, dan kualitasnya  cukup bagus dan terlihat putih bersih. pokoknya agak bagus dari sebelumnya," kata Rustam, pedagang di pasar Mardika, Rustam.

Ia.mengemukakan, harga di tingkat agen turun dari Rp880.000/karung  (50 Kg) menjadi Rp780.000, sehingga harga eceran juga turun.

Lain hal dengan pada Mei 2020,  di mana harga gula pasir mencapai Rp880.000/karung (50 Kg), dengan perhitungan harga eceran Rp17.600/Kg, tetapi pedagang menawarkan harga Rp19.000/Kg , sebab dalam satu karung belum tentu 50 Kg, ada yang kurang.

"Pokoknya harga gula pasir merek KBA yang digemari masyarakat sudah turun. Apalagi, rasa manisnya terasa jika dibandingkan dengan gula pasir lainnya," ujar Rustam..

Pembeli yang ditemui seusai membeli dua Kg gula merek KBA, Murni mengatakan syukur harga gula sudah turun, kalau tidak sulit juga, apalagi dirinya pedagang jajanan kue-kue pada waktu sore hari.

"Mudah-mudahan harga gula pasir merek KBA ini terus bertahan atau paling tidak bergerak turun lagi guna bersaing dengan harga gula yang ada di toko-toko maupun swalayan," ujarnya.

Hasil pantauan di sejumlah toko swalayan maupun Supermarket, Indomaret, dan Alfamidi, harga gula pasir kristal putih rata-rata Rp13.000 hingga Rp13.500/Kg, sedangkan untuk gula pasir merek KBA tidak terlihat.

Pewarta: Jhon Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020