Gugus Tugas  Percepatan Penanganan GTPP)  COVID-19 Maluku Utara (Malut) mengatakan, telah memulangkan puluhan pasien positif COVID -19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate.

"Kami telah pulangkan sebanyak 41 pasien positif berstatus OTG, karena telah melewati masa pemantauan selama 10 hari saat menjalani karantina," kata Jubir GTPP COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Sabtu.

Selain itu, puluhan pasien positif COVID-19 telah melewati masa pemantauan di berbagai karantina yang disediakan GTPP COVID -19 Malut dipulangkan ke keluarganya seperti di Dragon Hotel, Hotel Vellya maupun Corner Hotel.

Olehnya itu, kata Alwia, sesuai data saat ini untuk karantina di Sahid Bella Hotel sebanyak 15 orang dengan rincian 10 pasien terkonfirmasi positif COVID -19 , satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tiga OTG dan satu orang pelaku perjalanan.

Begitu pula, mereka menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, 13 orang diantaranya kasus positif COVID-19, enam orang PDP dan satu Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Alwia menyatakan, pihaknya mencatat hasil pemeriksaan follow-up melalui laboratorium TCM RSU Chasan Boesoerie Ternate dan BBLK Makassar dengan negatif kedua berturut-turut sebanyak 18 orang dinyatakan sembuh berasal dari Kota Tidore Kepulauan sebanyak 10 orang, Halmahera Selatan tujuh orang dan Kota Ternate satu orang.

Penambahan 18 orang  ini, maka jumlah pasien  sembuh COVID-19 asal Malut bertambah menjadi 265 orang, sedangkan meningggal  sebanyak 42 orang.

Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut hingga hari ini bertambah 27 orang dengan sebaran Halmahera Selatan 12 orang, Kota Ternate 11 orang dan Tidore Kepulauan empat orang, sehingga penambahan kasus pasien baru ini maka Malut memiliki pasien positif sebanyak 1.372 orang.

Begitu pula,  pemeriksaan tes cepat sampai hari ini sebanyak 19.108 orang dengan reaktif 1.534 orang, sedangkan 17.574 orang lainnya  non reaktif.

"Kami mencatat, 1.374 Orang Tanpa Gejala (OTG), 112 ODP  dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  60 orang.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020