Polres Maluku Tengah (Malteng), menyasar sejumlah nelayan di wilayah itu untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan sebagai salah satu upaya dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus corona dan adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan.

"Sosialisasi penerapan protokol kesehatan ini dilakukan agar masyarakat, termasuk kelompok nelayan yang ada di Dusun Amrua, Desa Rutah, Kecamatan Amahai memahami dan menerapkannya," kata Kapolres Malteng,  AKBP Rositah Umasugi yang dihubungi dari Ambon, Kamis.

Menurut dia, sosialisasi yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Negeri Rutah, Brigpol Norma Ura karena mendapati para nelayan ini tidak menerapkan protokol kesehatan.

Selain sosialisasi protokol kesehatan dan edukasi adaptasi kebiasaan baru dalam rangka pencegahan dan percepatan penanganan COVID-19, anggota Bhabinkamtibmas juga melakukan kegiatan sambang kamtibmas kepada para nelayan.

Tujuannya agar ada partisipasi warga dalam ikut menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan, termasuk mengantisipasi adanya informasi bohong yang sengaja disebarkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Polres Malteng akan selalu memberikan edukasi kepada warga dengan tetap beraktivitas mencari nafkah tanpa mengesampingkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran virus corona.

"Protokol kesehatan dalam kegiatan kita sehari-hari berupa rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun di tempat air yang mengalir, menggunakan  masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, serta menjaga kesehatan dengan asupan makanan dan berolahraga, " tandas Kapolres.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020