Angota DPRD Maluku, Yance Wenno meminta pemerintah daerah bisa melakukan tes usap secara gratis kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran virus corona.

"Bila pemerintah dan semua jajarannya terus menggerakkan setiap warga melakukan tes usap secara gratis dan massal, tentunya merupakan sebuah kebijakan yang baik dan positif," katanya, di Ambon, Kamis.

Di satu sisi, alasan anggaran akan menjadi penyebab pemerintah mempertimbangkan untuk melaksanakan tes usap masal.

Namun di sisi lainnya, bila pemerintah dengan anggaran yang begitu besar bisa melakukan tes usap massal secara gratis maka sudah pasti ini merupakan sebuah upaya yang sangat luar biasa dan patut diberi apresiasi.

Menurut dia, awalnya ada rasa ketakutan untuk melakukan tes usap karena trauma saat mengetahui seseorang dinyatakan positif terpapar COVID-19 setelah selesai menjalani tes tersebut.

Namun setelah menjalaninya di kantor DPRD Maluku pada 24  September 2020, Yance mengakui tidak merasakan apa pun.

"Sehingga saya mengimbau kepada masyarakat kalau misalnya ada tes usap yang dilakukan instansi pemerintah secara massal dan gratis kepada masyarakat silahkan mengikutinya agar kondisi kesehatan seseorang bisa diketahui sejak dini," ujar Yance.

Dia juga mengimbau seluruh anggota legislator untuk menjalani tes usap sehingga menjadi contoh yang baik kepada masyarakat.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020