Jurnalis Televisi (JT) Provinsi Maluku Utara melakukan sosialisasi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak  (3M) dan membagikan 1.000 masker gratis kepada masyarakat di depan pasar hiegenis bahari berkesan di Kota Ternate.

Koordinator JT Malut , Sahrudin Nurdin di Ternate, Minggu mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus turut menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19, dengan tetap 3M, karena amatan lapangan banyak masyarakat tidak memakai masker, kalau pun memakai ketika ada petugas.

"Hari ini kita teman-teman jurnalis televisi Malut sangat peduli terhadap penanganan COVID-19, karena jurnalis ini bukan saja menulis terkait COVID-19, tetap juga mengajak langsung masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya Kontributor Berita Satu TV tersebut.

Kegiatan dengan tema bersama "Kita cegah penularan COVID-19" itu juga menggandeng Humas Polda Malut, Direktorat Lalulintas Polda Malut, Direktorat Intelkam, Direktorat Kriminal Khusus, dan BPBD Kota Ternate.

Udi berharap setelah kegiatan sosialisasi ini, masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas, agar terhindar dari penularan COVID-19.

"Semoga sosialisasi dan pembagian masker gratis ini,dapat bermanfaat serta menaati protokol kesehatan, jangan taat ada petugas baru memakai masker, namun setelah petugas tidak ada, masker tidak digunakan lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Malut AKBP Adip Rojikan memberikan apresiasi kepada Jurnalis Televisi atas inisiatifnya melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker.

"Inisiatif teman-teman ini bisa menggerakkan komponen masyarakat sehingga seluruh masyarakat memiliki kesadaran tinggi pentingnya memakai masker," katanya.

Sedangkan, Kalak BPBD Kota Ternate Arif Gani mengapresiasi kepada JT Malut yang telah membagikan masker kepada masyarakat Kota Ternate, sekaligus mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat masih dikategorikan daerah terdampak, sebab baru 3 orang terpapar COVID-19.

"Marilah sama sama menjaga kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan, mengingat di daerah kita masih tinggi terkait dengan COVID-19, untuk itu kami sangat berterimakasih kepada JT Malut yang sudah membantu kami mengingatkan kepada masyarakat terkait dengan menjaga dan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan kesadaran dalam penggunaan masker oleh masyarakat sangat tinggi berkisar 80 persen, dan tingkat kesembuhan juga sudah membaik dari 900 lebih sampai saat ini sudah menjadi 800 orang.

"Dalam minggu ini kita bisa bergeser dari zona orange ke zona kuning, sehingga kita bisa membuka kembali sekolah-sekolah bertatap muka secara langsung," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020