Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia secara online (video conference) menyerahkan penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Awards Berprestasi tahun 2020 untuk Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra).

Acara digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Jumat.

Kepala Bidang Moneter Kemenko Bidang Perekonomian RI Puji Gunawan, dalam video conference yang juga diikuti oleh Bupati Malra dan jajaran menyampaikan, secara umum partisipasi TPID se-Maluku dalam evaluasi kinerja TPID tahun 2019 meningkat dibandingkan dengan nilai evaluasi kinerja tahun 2018, dimana TPID Provinsi Maluku mengalami peningkatan sebesar 8,38 di tahun 2019.

Menurut Puji, peningkatan itu terlihat pada evaluasi kinerja TPID kabupaten/kota kategori non Indeks Harga Konsumen (IHK), sedangkan TPID champion terlihat masih memiliki gap (celah) kinerja yang cukup jauh, maka aspek proses perlu menjadi perhatian utama.

"Pada evaluasi kinerja TPID kabupaten/kota kategori non IHK inilah Pemkab Malra meraih prestasi terbaik pertama, berdasarkan aspek proses (20%) dengan nilai 100 dan aspek program unggulan (30) dengan nilai 100, jadi Kabupaten Malra totalnya 100 poin," kata Puji.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku,  Noviarsano Manullang dalam mengatakan prestasi yang diraih Pemkab Malra merupakan suatu kebanggaan bagi Maluku, karena penghargaan ini baru pertama kali diraih provinsi ini, dalam hal ini Kabupaten Maluku Tenggara.

"Saya ucapkan selamat bagi Bapak Thaher Hanubun selaku Bupati Malra, karena Malra di bawah kepemimpinan Bapak mampu memecahkan telur di wilayah Maluku," ujar Noviarsano.

"Saya sendiri bisa menyaksikan tentang bagaimana upaya Bupati melalui terobosan-terobosannya yang luar biasa dalam menjaga stabilitas inflasi daerah. Dengan terobosan tersebut saya semakin yakin bahwa perkembangan ekonomi di wilayah Maluku, terutama di Kabupaten Maluku Tenggara pasti akan bisa jauh lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Ia menambahkan, prestasi yang diraih Pemkab Malra sekiranya dapat menjadi inspirasi bagi 10 kabupaten/kota lainnya, dan juga inspirasi bagi Pemprov Maluku untuk bisa meraih prestasi pada tahun berikutnya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020