Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) bersama Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (PMK) RI mengimbau masyarakat di daerah ini  untuk membudayakan penggunaan masker saat berpergian dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona. .

"Kami mengajak masyarakat, agar tetap sehat, makanya harus  menggunakan masker," kata Asissten II Setda Pemprov Malut, Umar Sangadji di Ternate, Selasa.

Dia menyatakan, Pemprov Malut memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kampanye pembagian maupun penggunaan masker  sebagai upaya untuk memberikan pendidikan  kepada masyarakat akan pentingnya pemakaian masker untuk kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Malut.

Menurut dia, pandemi COVID-19 memang belum usai, tentu saja untuk melewatinya bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi hal ini sangat berdampak pada seluruh sistem kehidupan masyarakat yang harus sadar bahwa ternyata kesehatan sangat penting.
 

Karena itu,  Pemprov Malut berharap agar tidak pernah lelah untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker. 

Selain itu, juga harus tetap mengingatkan untuk menerapkan  gerakan Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Menjaga Imun(4M)

"Kondisi tersebut harus dimulai dari diri sendiri, keluarga serta lingkungan sekitar agar Kita selalu menerapkan 4-M tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Deputi II Koordinasi Bidang Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana kemenko PMK, Mayjen TNI (Purn) Dody Usodo HGS menyatakan,  sejak  24 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan melalui rapat terbatas tentang penanganan COVID -19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Salah satu dari empat arahan yang disampaikan  Presiden adalahmembagi maupun mengajak memakai masker dan kuncinya yang paling penting adalah kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Dia  juga berharap aparatur pemerintah, baik  dari pusat sampai daerah diharapkan dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar senantiasa disiplin dan patuh sehingga terciptanya kedisiplinan individu maupun kelompok dalam rangka memerangi penyebaran virus corona. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020