PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua bekerjasama dengan Filantra terutama dalam bidang kesehatan masyarakat di wilayah operasional perusahaan melakukan kegiatan CSR pendampingan untuk Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P).

"Program PMT-P ini dikhususkan kepada bayi kurang gizi di wilayah Kelurahan Jambula, Ternate dan tujuan kegiatan tersebut untuk memperbaiki status gizi dan kesehatan guna mengurangi kerentanan terhadap berbagai penyakit yang menyerang bayi," kata Unit Manager Communication, Relations dan CSR Marketing Operation Region VIII, Edi Mangun dihubungi dari Ternate, Senin.

Dia menyampaikan harapannya dalam kegiatan pendampingan ini dapat membantu setiap bayi dalam meningkatkan kesehatan gizi dan dalam tumbuh kembang.

Sesuai data dari petugas kesehatan setempat, terjadi peningkatan BB pada 5 orang bayi gizi kurang, 2 orang bayi sudah keluar dari Bayi Gizi Kurang yaitu Najril Rolan dan Najila Muhlis, lalu tiga orang bayi masih dalam tahap pemantauan yaitu Dfano Muhammad, Fista Fardi dan Nursyakila.

Kondisi yang mempengaruhi peningkatan dan penurunan status gizi baik pada bayi kemungkinan adalah budaya turun temurun berupa pantangan dalam memberikan sayur dan buah baik pada masa kehamilan ibu maupun pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi hingga umur satu tahun,serta kondisi pemberian PMT-P (susu dan biskuit) yang dijadikan sebagai makanan utama dan bukan sebagai makanan tambahan pendamping makanan utama.
 
Kegiatan Pendampingan dan pemberian PMT bayi gizi kurang berjalan dengan lancar, kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan petugas Puskesmas, perwakilan Pertamina dan fasilitator mendatangi rumah bayi dan anak gizi kurang satu per satu (dor to dor). Kemudian petugas kesehatan memberikan penyuluhan tentang pentingnya asupan gizi bagi bayi dan anak untuk pertumbuhan bayi dan rutin untuk cek kesehatan bayi baik itu di Posyandu maupun Puskesmas.
 
Setelah penyuluhan, dilakukan pemberian PMT untuk bayi dan anak Gizi kurang. Adapun PMT yang diberikan berupa kacang hijau, susu, biskuat, telur, vitamin, makanan bayi, dan susu bayi.

Kegiatan dihadiri oleh pihak Pertamina yang diwakili oleh ibu Sinthiya dan bang Harits mendampingi kegiatan dan  langsung memberikan PMT kepada bayi gizi kurang.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020