Gubernur Maluku Utara (Malut), KH Abdul Ghani Kasuba mencanangkan HUT Al-Khairaat ke-91 dan Temu Akbar AbnaulKhairaat 2021 sekaligus mengenang perjuangan Guru Tua Habib Sayyid Idrus bin Salim Al Djufrie dalam membina ulama di daerah ini.

"Pendidikan Al-Khairaat sudah berkembang pesat dan tersebar di berbagai  daerah dan  telah menghasilkan  puluhan ribu guru agama dan para Da'i termasuk para pejabat  pemerintahan di berbagai daerah di Indonesia," kata Gubernur di Ternate, Minggu.

Menurut dia, sejarah pendidikan Islam Alkhairaat yang didirikan Guru Tua Habib Sayyid idrus bin Salim Al Djufrie pada 1930 dipusatkan di Palu Sulawesi Tengah.

Gubernur yang juga alumni Al-Khairaat itu mengisahkan, selama menekuni pendidikan Palu, tidak pernah mendengarkan  Guru Tua Habib Sayyid memarahi para murid. Jadi mencerminkan Guru Tua seorang pendidik.

Oleh sebab itu, lanjutnya, jangan dipandang sebagai warisan masa lalu oleh Guru Tua karena perjalanannya menunjukkan seorang Ulama besar yang luar biasa.

Menurut Gubernur,  lembaga pendidikan Islam Alkhairaat menunjukkan Guru Tua memikirkan tentang masa depan. Alkhairat memiliki peran fungsi yang strategis,  dalam menghadapi tantangan dan kondisi perkembangan  zaman ini.

Komwil Alkhairaat Maluku utara  yang diwakili Hasbi yusuf, SE  mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia dan panitia pengarah yang telah bekerja keras, sehingga pelaksanaan kegiatan ini terlaksana dengan baik.

Sedangkan, ketua panitia Temu Akbar AbnaulKhairaat dan HUT Alkhairat ke-91,  Fahria Siradju dalam laporan mengatakan, bahwa kegiatan ini dapat terlaksana setelah adanya Surat Keputusan dari Alumni Alkhairaat pusat  No.033/PP-IKKAl/ 2021 tertanggal 12 Januari 2021.

Adapun  Thema " Bertakzim Kepada Guru Tua Bersinergi Majukan Alkhairaat ".

Menurut Fahria, rangkaian kegiatan sesuai jadwal yang akan di laksanakan di beberapa daerah Maluku Utara dimulai  dengan Milad Hari Kelahiran Guru Tua dilaksanakan di Tobelo pada 15 Maret 2021 serta bursa souvenir dan atribut Alkhairaat di Ternate, sedangkan Haul wafatnya Guru Tua akan dilaksanakan di Weda kabupaten Halmahera Tengah pada 22 Mei 2021.

Sedangkan acara puncak Temu Akbar Abnaul Khairaat 2021 dan perayaan HUT Alkhairaat ke-91 akan dilaksanakan   di Labuha Bacan, Kabupaten Halmaheran Selatan pada 30 Juni 2021.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021