M Thaher Hanubun, Bupati Maluku Tenggara (Malra), berharap wartawan khususnya yang bertugas di wilayah tersebut untuk tetap tampil profesional dan beretika dalam pemberitaan.

Harapan ini disampaikan Thaher di Langgur, Sabtu, sehubungan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 tahun 2021 yang dilaksanakan insan pers Malra dan Tual melalui giat jalan santai dan pembagian masker.

"Saya berharap wartawan di Malra tampil profesional dan beretika dalam pemberitaan, guna menghindari pemberitaan hoax untuk kepentingan pribadi maupun golongan tertentu," kata Thaher.

"Hal ini perlu menjadi perhatian, karena kita ketahui bersama, bahwa saat ini masih ada media yang tidak lagi menjunjung tinggi nilai-nilai serta etika jurnalistik, menyerang secara membabi buta. Konfirmasi belum diperoleh sudah langsung mengangkatnya sebagai berita, bahkan judul berita tidak korelatif dengan isi, ini semua preseden buruk bagi dunia jurnalistik, kebebasan pers kita hormati, namun etika jurnalistik juga harus dikedepankan," tandas Thaher.

Dikatakan, profesional artinya selalu menunjukkan identitas, hormati hak privasi, tidak menyuap, berita faktual dan jelas sumbernya, berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah, tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul.

Tidak menyalahgunakan profesi, tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi SARA, serta menghormati kehidupan pribadi, kecuali untuk kepentingan publik dan lainnya.


Etika jurnalistik, kata Thahet, harus berfungsi sebagai landasan moril dan etis bagi seorang wartawan dalam melakukan tindakan jurnalis dan tertanggungjawab meliputi independen, akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Thaher juga menyebutkan, ada harapan besar pemerintah daerah, semoga insan pers sebagai komunitas jurnalistik dapat terus bersinergi bersama Pemda dalam membangun Malra, serta mampu turut serta menjadi mitra strategis untuk mendorong akselerasi pembangunan diberbagai sektor, serta turut serta mengembangkan budaya literasi di kalangan masyarakat.

Bupati juga berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komunitas jurnalis Malra maupun Kota Tual yang sampai saat ini membangun hubungan baik dengan Pemda, tetaplah menjadi pewarta yang baik serta menjadi penyeimbang dan kontrol sosial bagi pemerintah dan masyarakat.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021