Ketua Pelaksana Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Kasatgas Saber Pungli), Komjen Pol Agung Budi Maryoto, meminta jajarannya termasuk Unit Pemberantasan Pungli (UPP) wilayah Maluku untuk bekerja secara maksimal.

"Kendati banyak tantangan yang dihadapi dan salah satunya pandemi COVID-19, namun saya meminta personel tetap bekerja dengan ikhlas dan semangat," kata Komjen Agung dalam rapat internal tim Saber Pungli secara virtual di Ambon, Kamis.

Selaku Kepala Satgas Saber Pungli, dia juga mengajak para personel untuk menegakkan hukum yang tidak hanya tajam ke bawah, akan tetapi tajam kepada siapa saja yang bersalah.

Walaupun masih dalam kondisi pandemi tetapi harus tetap bekerja dengan mengikuti ketentuan protokol kesehatan.

Mantan Kepala Badan Inteligen dan Keamanan Polri ini juga meminta setiap personel UPP agar selalu berkoordinasi dengan kejaksaan dan instansi terkait lainnya dalam mendukung kelancaran tugas di lapangan.

"Perhatikan pengamanan internal terhadap penyimpangan personel UPP di lapangan yang pada akhirnya berdampak pada kegagalan tugas di lapangan," tegasnya.

Ia juga berharap untuk selalu mencermati setiap hasil analisa, sehingga dalam mengambil keputusan dan saat melaksanakan tugas di lapangan tidak salah.

"Yang terpenting adalah lakukan kerja sama dengan masyarakat, di mana sering terjadi penyimpangan atau pelanggaran di tempat tersebut. Sehingga dalam pelaksanaan tugas deteksi pungli di lapangan dapat lebih cepat dan mudah," pintanya.

Untuk diketahui, arahan dari Kasatgas Saber Pungli Pusat kepada para UPP ini disampaikan dalam rapat internal. Rapat berlangsung dengan menggunakan virtual zoom meeting.

Rapat internal dihadiri Direktur Intelkam Polda Maluku Kombes Pol Yosef Sriyono Joko Handono, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Maluku dan anggota Intelijen UPP Provinsi Maluku.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021