Polda Maluku dalam rangka mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah melaksanakan para Operasi Ketupat Siwalima tahun 2021 sebagai langkah persiapan aparat keamanan.

"Agar pelaksanaan operasi terpusat ini berjalan sesuai rencana, maka Polda Maluku terlebih dahulu menggelar latihan Pra Operasi tersebut di Aula Command Center, Markas Polda Maluku," kata Kabag Pengendalian Biro Operasi Polda Maluku, AKBP Legawa Utama,  di Ambon, Senin.

Latihan Pra Operasi selama tiga hari ini mengangkat tema "Melalui Latihan Pra Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Ketupat Siwalima 2021 kita wujudkan situasi yang aman dan tertib di tengah  pandemi COVID-19.

"Saat ini kita masih melaksanakan pengamanan hari raya Idul Fitri dalam suasana pandemi COVID-19," katanya.

Ia berharap di tahun kedua mewabahnya virus corona ini, para personil dapat menjaga diri dengan selalu menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan operasi Ketupat Siwalima di lapangan. 

"Lakukan imbauan kepada masyarakat terkait pentingnya ketaatan terhadap protokol kesehatan, agar kita dapat menekan penularan COVID  -19 di wilayah Maluku," ujar Legawa.

Para personil juga diminta untuk melayani masyarakat dengan baik, dan menghindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun institusi polri.

"Semoga kita semua diberi kesehatan, kekuatan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas di lapangan nanti," tandasnya.

Peserta yang mengikuti latihan Pra Operasi Ketupat Siwalima Pengamanan Lebaran Idul Fitri terdiri dari personil Polda Maluku berjumlah 120 orang.

Ratusan personil berasal dari Satuan Brimob, Direktorat Lalulintas, Samapta, Binmas, Polairud, Reskrim, Intelkam, Bidang Bit TI dan Humas Polda Maluku sebagai dokumentasi lapangan.

Dalam pelatihan tersebut pemateri yang memberikan bekal kepada ratusan personil pengamanan berasal dari Direktorat Intelkam, Biro Operasi, Direktorat Reskrim, Binmas dan Lalulintas Polda Maluku.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021