Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan mencari solusi terbaik untuk relokasi pedagang pasar Mardika yang menolak untuk pindah ke lokasi sementara yakni pasar transit Passo.

"Saya memahami betul keluhan pedagang, tetapi kita tidak memiliki lahan yang dekat agar dapat dipakai untuk relokasi, sehingga harus dicari solusi bersama," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Senin.

Penolakan pedagang pasar Mardika disuarakan lewat aksi unjuk rasa, di Balai Kota,  yang difasilitasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ambon.

Ia menyatakan, dirinya berhasrat merelokasi pedagang ke lokasi terdekat yakni Taman Victoria, tetapi terkendala karena lahan tersebut bukan milik Pemkot Ambon, tetapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

"Saya berhasrat kalau bisa kita memakai taman Victoria. Hanya saja, itu bukan punya Pemkot Amon, tetapi Pemprov Maluku, Kalau bisa saya akan berkoordinasi dengan Gubernur Maluku, Murad Ismail  untuk membicarakan hal tersebut, " ujar Richard.

Ia mengatakan, taman Victoria dalam perencanaan Pemprov Maluku akan dibangun sebagai pusat perbelanjaan (Mall). Namun, hingga saat ini proses tersebut belum direalisasikan.

"Mudah – mudahan taman Victoria bisa dipakai sementara untuk relokasi. Saya memahami betul keluhan pedagang, yang merasa berat kalau harus relokasi ke Passo," kata Richard.

Dia meminta para pedagang sama- sama berdoa agar rencana ini disetujui Gubernur Maluku, Murad Ismail.

"Tetapi jika tidak disetujui Gubernur Murad, maka kami tidak bisa berbuat banyak, karena kewenangan sepenuhnya ada di tangan Pemprov Maluku, " tandas Richard.

Ia menjelaskan, selain lokasi pasar transit Passo, ada beberapa lokasi lain yang disiapkan Pemkot Ambon yakni pasar Apung, dan depan Maluku City Mall (MCM). Selain itu, dibuka kesempatan untuk relokasi di kawasan Warasia, Batu Merah.

Jika pedagang harus direlokasi ke pasar transit Passo, pihaknya berjanji akan mengkaji kebijakan agar meringankan para pedagang, mengingat lokasinya yang jauh dari tempat biasa mereka berjualan selama ini yang 12 KM.

"Jika harus direlokasi ke pasar transit Passo, tentunya kita akan memikirkan untuk retribusi dan pajak, misalnya akan dipertimbangkan dengan tepat sehingga pedagang tidak menjadi korban," tegas Richard.

Catatan Antara, para pedagang ini sebenarnya direlokasi dengan tujuan merevitalisasi pasar Mardika Ambon.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021