PLN menyiagakan sebanyak 607 petugas. guna mengamankan pasokan listrik di perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 di Maluku dan Maluku Utara.

"Seluruh petugas akan disiagakan mulai tanggal 16 hingga 18 Agustus 2021, khususnya untuk pengamanan lokasi-lokasi pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara, Senin.

Dikatakannya, PLN menyiapkan 'Power Bank' atau Uninterruptabel Power Supply (UPS) berkapasitas 100 dan 250 kVA.

Serta Genset berkapasitas 5 hingga 100 kW tersebar di lokasi-lokasi siaga.

"Untuk di Lapangan Merdeka Ambon sendiri, kami menyiapkan Power Bank atau UPS berkapasitas 250 kVA dan Genset berkapasitas 40 kW guna menjaga kehandalan pasokan listrik di lokasi perayaan HUT RI ke-76 di Ambon", katanya.

Adapun dari sisi ketersediaan daya listrik, daya mampu PLN di Provinsi Maluku sendiri mencapai 222,17 MW dengan beban puncak sebesar 109,79 MW sehingga terdapat Cadangan Daya sebesar 112,38 MW.

"Sehingga dari sisi daya yang tersedia di sistem kelistrikan, cukup. Tetapi kami tetapi mengantisipasi dengan menyiapkan UPS dan Genset tersebut untuk menjaga keandalan apabila ada gangguan yang terjadi dari luar kendali kami, misal karena faktor cuaca" tandas Adams.

Ditambahkannya, menjaga pasokan listrik pihaknya juga telah melakukan sejumlah langkah, diantaranya pengecekan kesiapan peralatan listrik dan pemeliharaan pada lokasi-lokasi yang menjadi pantauan.

Selain itu pelaksanaan pengamanan pasokan listrik menerapkan protokol COVID-19.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021