Puluhan mahasiswa asal Papua yang berkuliah pada beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Ambon mendapatkan bantuan bahan kebutuhan pokok dari Polda Maluku.

"Selain bahan kebutuhan pokok, mereka juga mendapatkan bantuan masker, handsanitizer, dan anakan tanaman umur panjang maupun umur pendek, dan bantuan ini dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke 76 tahun ini," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat di Ambon, Rabu.

Penyerahan bahan kebutuhan pokok dari Polda Maluku ini berlangsung di di Kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Kawasan Desa Halong Kecamatan Bagula, dan di asrama mahasiswa kampus Universitas Pattimura Ambon.

"Tanaman umur panjang berupa anakan rambutan Binjai dan tanaman umur pendek berupa bibit cili, terong, tomat dan pepaya," katanya.

Kegiatan sosial yang dilakukan Polda Maluku ini sebagai bentuk kepedulian pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tahun.

"Kita sama-sama membangun rasa cinta tanah air untuk mereka di momentum HUT Kemerdekaan sekaligus wujud kepedulian kita terhadap mereka yang ada di Kota Ambon, dan kegiatan pembagian bantuan juga untuk menunjukan kepada publik bahwa keberadaan mahasiswa Papua di Kota Ambon sangat aman dan nyaman," ucapnya.

"Kita tunjukan bahwa adik-adik kita dari Papua yang berada Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, merupakan keluarga kita," katanya lagi.

Dikatakan, hingga saat ini mahasiswa Papua yang masih berada di Kota Ambon tidak sampai ratusan orang jumlahnya, sebab banyak dari mereka yang sudah kembali ke daerah masing-masing pasca liburan semester kemarin.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswa IAKN Ambon, Dr Agus Gasperzs, mengapresiasi Polda Maluku yang telah memberikan kepedulian penuh kepada mahasiswa Papua dan Papua Barat di Kota Ambon.

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian polda bagi mereka khususnya di kampus IAKN, maupun di Kota Ambon. Apalagi dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, selan dalam momentum HUT Kemerdekaan RI," katanya.

Agus mengakui, saat ini kedua provinsi tersebut sementara lockdown sehingga akses komunikasi antara mahasiswa dengan keluarga mereka agak mengalami kesulitan.

"Maka bantuan Polda Maluku untuk mereka ini bisa sedikit membantu sekaligus meringankan beban hidup mereka di Kota Ambon, dan kita apresiasi betul kegiatan ini disamping meningkatkan rasa cinta mereka terhadap NKRI," katanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021