Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, mendapat bantuan 44 unit menara telekomunikasi base transceiver station (BTS) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021.

"Ke-44 tower ini tersebar di dua pulau, yakni Mangoli dan Sula Besi. Kami akan mendampingi penuh pemasangan tower di setiap desa," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Sula,  Suryawati Buamona saat dihubungi dari Ternate, Rabu.

Menurut dia, saat ini sudah proses pekerjaan mulai dari survei lahan dan kelengkapan administrasi untuk membangun tower.

"Target kami mudah-mudahan tahun ini bisa selesai atau tahun 2022 mendatang," katanya

Suryawati mengatakan bantuan itu menjadi target pemerintah daerah, agar masyarakat Sula bisa menikmati jaringan internet, sehingga dapat pula meningkatkan ekonominya.

"Kita pada 2022  akan mengupayakan lagi, agar semua desa bisa dapat bantuan tower dari Kominfo. Target ini sesuai dengan wisi dan misi Sula Bahagia," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kota Tidore menyediakan akses internet di tujuh titik kelurahan dan desa guna memberikan pelayanan internet secara gratis kepada masyarakat.

Ketujuh titik itu berlokasi di tiga kecamatan yaitu Oba Selatan, Oba Tengah, dan Tidore Utara.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021