Ratusan warga dari sejumlah desa dan dusun di Leihitu, Pulau Ambon,  Kabupaten Maluku Tengah mengikuti program serbuan vaksin presisi merdeka Siwalima yang diselenggarakan di Mapolsek Leihitu.

"256 warga telah divaksin di Mapolsek ketika tim dari Polresta Pulau Ambon dan P.P. Lease bersama Bidang Dokes Polda Maluku melakukan kegiatan tersebut," kata Kapolsek Leihitu,  Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Rabu.

Menurut dia, tim vaksinator berjumlah 15 orang dibawah pimpinan dr. Ranti Dandami, sementara warga yang mendaftar sebagai peserta vaksinasi 306. Namun, hasil skrining tidak semua lolos.

Selama kegiatan ini berlangsung dari pagi hari hingga selesai pukul 15:00 WIT, antusias masyarakat cukup tinggi, sehingga jumlah yang disuntik vaksin bertambah menjadi 256 orang.

Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac. Untuk penyuntikan dosis pertama 236 orang dan dosis kedua 19 orang, sementara vaksinasi dosis kedua yang menggunakan vaksin AstraZeneca hanya satu orang, dan tidak ada yang disuntik untuk dosis pertama.

Prosedur penyuntikan dilakukan seperti biasa, dimana warga yang mendaftar sebelumnya menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi warga baik untuk disuntik.

"Serbuan vaksin presisi merdeka Siwalima di Mapolsek Leihitu hanya berlangsung sehari dan hari ini tidak ada lanjutan penyuntikan vaksin COVID-19," kata Julkisno.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021