Legislator Maluku asal daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Hatta Hehanussa mendorong usaha pertanian yang dilakukan sekelompok anak muda maupun usaha produk rumahan yang dikembangkan masyarakat,  khususnya di Kecamatan Kairatu.

"Di sini banyak produk-produk lokal seperti usaha keripik pisang yang dijual di kompleks pelabuhan penyeberangan feri Waipirit, tetapi itu hanya dikemas dalam tas plastik biasa," kata Hatta di Ambon, Jumat.

Cara pengemasan seperti ini tentunya tidak terlalu menjamin kemajuan usaha mereka sehingga perlu didorong pola pikir warga untuk mengemas produk mereka agar lebih menarik minat pembeli yang selalu ramai di pelabuhan tersebut.

"Selama ini kemasannya terlihat biasa . Jadi, perlu dibuat kemasan khusus, dan ini akan kita bantu lewat aspirasi anggota DPRD Maluku," ujar Hatta.

Selain usaha produk rumahan, di daerah itu juga terdapat usaha pertanian yang diprakrasai sekelompok anak muda yang membuka lahan untuk menanam aneka jenis sayuran termasuk daun selada.

"Contohnya di daerah Kilo meter 9 Kecamatan Kairatu terdapat beberapa kelompok usaha pertanian yang diprakarsai anak muda yang perlu kita dorong untuk pengembangan usaha mereka," tandas Hatta.

Usaha pertanian seperti ini tentunya cukup berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian anak muda sebab lahan di sana sangat luas dan memiliki tingkat kesuburan yang menjanjikan.

Bila potensi ini dikembangkan dalam skala yang lebih luas tentunya memenuhi kebutuhan pasaran lokal maupun diangkut ke Pulau Ambon, sebab sarana transportasi laut seperti kapal feri lancar setiap hari.

"Intinya program pemberdayaan ekonomi di kalangan generasi muda yang kreatif seperti ini harus didukung pengembangannya," jelas Hatta saat melakukan kunjungan reses ke sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten SBB.

Dalam kunjungan resesnya, Hatta mengumpulkan banyak kalangan anak muda agar mereka bisa menyampiakan inovasi-inovasi kreatif untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di lingkungannya untuk dijadikan suatu produk bisa dipasarkan.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021