Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Risyapudin Nursin meminta semua pihak untuk berpartisipasi dalam mengantisipasi bencana terutama saat menghadapi musim cuaca ekstrem berakibat terjadinya bencana alam.

"Apel ini merupakan bentuk kesiap-siagaan dalam antisipasi secara dini bencana alam,  baik yang disebabkan banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun cuaca ekstrem yang dapat berdampak pada gangguan kamtibmas serta kontijensi, mengingat dampak yang ditimbulkan bencana alam," katanya di Ternate, Sabtu.

Kapolda Malut dalam arahannya menyampaikan bahwa, apel konsolidasi ini dilaksanakan dalam menghadapi bencana alam akhir tahun.

Menurut dia, memasuki musim penghujan berpotensi terjadinya bencana alam sangat besar, untuk itu diharapkan peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sangat diperlukan.

"Dalam penanggulangan bencana alam harus dilakukan oleh semua pihak, tentunya menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana," ujarnya.

Dia menyatakan, melalui apel konsolidasi ini, saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan tugas di lapangan agar selalu mempedomani protokol kesehatan dengan tetap mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021