Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) dengan dukungan DPRD setempat terus berusaha menjawab kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan dengan menyediakan lima kapal cepat puskemas keliling.

"Pemkab Malra dengan dukungan DPRD dan semua pihak terus berupaya untuk bagaimana menjawab kebutuhan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Pulau Kei Besar," kata Bupati Malra,  M Thaher Hanubun di Langgur, Minggu.

Lima unit kapan cepat (spead boat) Puskesmas keliling sudah diserahterimakan kepada masyarakat Kei Besar pada Sabtu (27/11/). Ia mengatakan pengadaan lima Puskesmas keliling pengedaannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

Kelima Puskesmas yang memenuhi kriteria untuk mendapat pelayanan kapal cepat tersebut di Kei Besar yakni Puskesmas Mun dan Hoor,  Kecamatan Kei Besar Utara Barat, kemudian Puskesmas Feer Kei Besar Selatan Barat, Puskesmas Weduar Kecamatan Kei Besar Selatan dan Puskesmas Hollat Kei Besar Utara Timur.

Baca juga: Meriahnya peringatan Hari Guru di Maluku Tenggara

Selain Puskesmas keliling,  perairan tersebut, ada juga bantuan alat Iva Tes guna mendeteksi kanker serviks pada rahim bagi empat Puskesmas yang belum memiliki alat ini yakni, Puskesmas Mun, Weduar, Watsin dan Banda Ely.

"Tentunya bantuan-bantuan ini membutuhkan usaha dan upaya kita semua, hanya semata-mata untuk menjawab dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semoga bantuan-bantuan ini dikelola secara baik sehingga memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, karena pada hakikatnya ini adalah hak masyarakat," ujar Thaher

Dia mengakui, permasalahan di Kei besar adalah sesuatu yang kompleks dan berkaitan satu dan lainnya, masalah pendidikan, ekonomi dan kesehatan berkaitan dengan masalah infrastruktur jalan, jembatan, jaringan dan lainnya.

Namun, untuk itu Pemkab Malra terus  berupaya untuk menjawabnya satu-persatu, semua permasalahan tidak dapat diselesaikan sekaligus dalam waktu yang singkat.

"Oleh karena itu dukungan masyarakat dan semua pihak menjadi motivasi untuk Pemkab Malra dapat terus bekerja," tandas Thaher..

Baca juga: Pemkab Malra gandeng PLN dan ITB bangun rumah pengering rumput laut, begini penjelasannya

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021