Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) menyatakan, klinik pratama dalam setahun terakhir telah melaksanakan layanan tes urine kepada  453 masyarakat orang dengan pembiayaan dibebankan kepada penerima layanan.

"Tentunya, pembiayaan yang diterima saat layanan tes urine, hasilnya disetor ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)," kata Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Wisnu Handoko di Ternate, Jumat.

Menurut dia, dalam memudahkan masyarakat memperoleh layanan rehabilitasi di BNNP Malut, Bidang Rehabilitasi BNNP Malut melalui Konselor dan Fasilitator melakukan kunjungan lapangan, menemui klien yang belum melapor diri untuk layanan rehabilitasi rawat jalan di Klinik Pratama BNNP Malut. 

Sebab, sejumlah 10 klien telah dijangkau dan memperoleh layanan Rehabilitasi Rawat Jalan di BNNP Malut.

Dia mengemukakan,  BNN Provinsi Maluku Utara melalui Seksi PLRIP pada 2021 telah melaksanakan layanan rehabilitasi rawat jalan kepada sejumlah 36 klien (30 laki-laki dan enam  perempuan) yang merupakan penyalahguna sabu sebanyak 5 klien, ganja sebanyak sembilan klien dan lem sebanyak 22 klien dengan usia 10-18 tahun  sejumlah 18 klien dan diatas usia 18 tahun sebanyak empat klien. 

Sedangkan, klien dengan pekerjaan, delapan pegawai swasta, 16 pelajar, 11 tidak  bekerja  dan satu PNS dengan Pendidikan terakhir SD sejumlah tiga  klien, SMP 12 klien dan SMA 19 klien. Layanan rehabilitasi  rawat jalan juga dilakukan BNN Kabupaten Halmahera Utara, BNN Kota Tidore kepulauan dan BNN Kabupaten Pulau Morotai di tahun 202

Wisnu mengatakan,  untuk penilaian medis yang dilaksanakan di BNNP Malut  telah menjangkau sejumlah 57 klien dari target 30 klien yang telah ditetapkan seperti layanan  tes urine di klinik pratama BNNP Malut.

Khusus mendukung pelaksanaan program desa/kelurahan Bersinar  maka  dilaksanakan program IBM yang merupakan salah  satu langkah penanggulangan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. 

"Program ini masyarakat yang berperan aktif dalam pemulihan para pecandu Narkoba. Pada kegiatan ini direkrut lima  relawan yang disebut Agen Pemulihan dari masing-masing IBM di desa/kelurahan yang bertugas untuk melaksanakan rehabilitasi tingkat ringan bagi masyarakat," ujar Wisnu. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021