Dinas Pendidikan Kota Ambon, Provinsi Maluku, mendata penambahan 14 sekolah yang akan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Data tersebut menunjukkan jumlah sekolah di Ambon yang melaksanakan PTM berjumlah 26 sekolah dari sebelumnya sebanyak 12 sekolah pada PTM perdana di awal Januari 2021, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinand Tasso, Kamis.

Ia mengatakan, tim telah memantau persiapan pelaksanaan PTM, bagaimana tim satgas atau fasilitas pendukung di 14 sekolah tersebut.

Sekolah rersebut diantaranya SMPN 11, 17, 35, 12, 31, 22, 1, SMP Pertiwi, Lentera dan SMP Xaverius.

Sekolah katanya, harus mengisi syarat yang ditetapkan yakni daftar pokok pendidikan (Dapodik) dan telah terverifikasi oleh Dinas Pendidikan.

Baca juga: DPRD dorong Pemkot Ambon percepat vaksinasi anak, dukung PTM

"Besok (Jumat) kita akan pemantauan kembali jika ada kekurangan akan dilengkapi. Jika sudah siap akan diberikan rekomendasi PTM, tetapi jika belum memenuhi syarat, fentilasi tidak bagus, tidak ada tempat cuci tangan maka belum bisa, termasuk jika belum divaksin," ujarnya.

Dijelaskannya, PTM terbatas dilaksanakan di 12 sekolah mulai 6 Januari 2022 dengan presentasi 50 persen dari jumlah siswa.

Prinsipnya PTM dibuka, tetapi kesehatan menjadi prioritas pertama, karena prinsip itu bagi sekolah lain tetap harus memenuhi syarat lain bagi pelaksanaan PTM terbatas.

Sekolah yang menggelar PTM terbatas diwajibkan  menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat dan konsisten. Selain itu juga memaksimalkan peran satuan tugas COVID- 19 di setiap sekolah.

"Maksimalkan tugas wali kelas untuk mendeteksi dini sebelum anak datang ke sekolah, juga koordinasi dan kolaborasi orang tua siswa," tandasnya.

Baca juga: Pemkot Ambon diminta pertimbangkan pelaksanaan sistem PTM, begini pertimbangannya

Ferdinand menambahkan, pihaknya bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku juga telah melakukan peninjauan terhadap 3 SMA yang menjadi sampel PTM.

"Tiga sekolah yang ditinjau oleh satgas bidang pendidikan yakni SMA Xaverius, SMA 1, dan 2, " katanya.

Baca juga: SMPN 6 Ambon siapkan dua sesi waktu belajar, intensifkan terapkan prokes

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022