Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), menggelar patroli di area publik untuk mendisiplinkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) guna mencegah penyebaran varian Omicron.

Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Prokes Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Abdullah Sadik di Ternate, Minggu, mengatakan patroli ini  menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran COVID-19 varian baru Omicron.

Dia menjelaskan,  Kota Ternate saat ini masih berada PPKM level satu atau zona hijau penyebaran virus corona. Namun, penerapan Prokes tetap diawasi, sehingga masyarakat di daerah ini harus benar-benar sadar, terutama penggunaan masker dan menjaga jarak saat berada di luar rumah

“Kami lakukan kegiatan hari ini adalah dengan sasaran lokasi objek wisata, untuk mengingatkan para pengunjung maupun penjual di kawasan itu, agar selalu patuh terhadap imbauan pemerintah terkait prokes serta mengajak mereka yang belum divaksinasi, untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan, guna mendapatkan vaksinasi,”ujar Abdullah..

Selain itu, Pemkot Ternate juga akan memperketat pengawasan seperti bandara dan pelabuhan mengingat pintu keluar masuk ke wilayah Malut melalui Kota Ternate

“Kota Ternate, saat ini untuk pencapaian target vaksinasi yang dilakukan oleh petugas kesehatan baru mencapai 80 persen. Namun, harapannya bisa mencapai 100 persen dengan dukungan masyarakat di daerah ini,” kata Abdullah.

Ia menambahkan, Pemkot Ternate akan meluncurkan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, sehingga dengan adanya vaksinasi tersebut dapat membentuk kekebalan tubuh mereka, agar tidak tertular COVID-19 saat mengikuti proses Pembelajaran Tatap Muka secara langsung di sekolah.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022