Sebanyak 250 produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal provinsi Maluku mulai dipamerkan dan dipromosikan pada ajang expo "Maluku Baileo Exhibition 2022" di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

"Maluku Baileo Exhibition ini merupakan kegiatan pertama bagi kami (Maluku) untuk memperkenalkan potensi yang dimilikinya. Provinsi Sulsel dan Kota Makassar merupakan daerah pertama yang kami pilih untuk memperkenalkan produk UMKM Maluku," kata Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno saat membuka expo tersebut di maal Ratu Indah Makassar, Jumat petang.

Menurutnya, 250 produk unggulan yang dipamerkan dalam expo yang akan berlangsung hingga 6 Februari 2022, diantaranya herbal, kuliner, kerajinan, fashion, dan beragam potensi sumber daya alam Maluku lainnya.

Baca juga: UMKM Maluku akan tampil gunakan baju Cele di expo Makassar, begini penjelasannya

Wagub mengatakan, Maluku Baileo Exhibition yang disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Diskominfo Provinsi Maluku itu, merupakan ajang pertama bagi Maluku untuk memperkenalkan potensi yang dimilikinya secara nasional.

"Sulsel, khususnya Makassar merupakan daerah pertama yang dipilih untuk pameran dan promosi karena, menjadi daerah maju sekaligus hub bagi kawasan Timur Indonesia," katanya.

Selain itu, Pemprov Maluku ingin menjalin kerja sama dengan provinsi lainnya di Kawasan Timur Indonesia, dan mendorong kawasan pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia timur.

Selain itu, Sulsel telah jauh lebih berkembang dan memiliki sejumlah perusahaan besar. Barnabas berharap, Maluku bisa belajar lebih banyak kepada Sulsel, dan ada kerja sama bisnis to bisnis yang lebih konkrit ke depannya.

"Kami akan terus memperbaharui iklim investasi di Maluku," ujarnya.

Sedangkan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sulsel Ichsan Mustari, memberikan apresiasi kepada Pemprov Maluku karena memilih daerahnya sebagai lokasi penyelenggaraan Maluku Baileo Exhibition.

Iapun berharap, ada tindaklanjut dalam bentuk kerja sama yang lebih menguntungkan bagi kedua velah pihak setelah pelaksanaan exhibition ini. "Kita harap ada tindaklanjut ke depannya. Tidak hanya sampai tahap exhibisi ini saja," ujar Ichsan.

Sedangkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam sambutan selamat datangnya, mengaku bangga karena Makassar dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition.

Iapun berharap, kerjasama antara Maluku dan Kota Makassar bisa dirajut kembali dan lebih dieratkan di masa mendatang, sehingga berdampak bagi kemajuan daerah maupun kesejahteraan masyarakat di kedua daerah.

Pembukaan expo Maluku Baileo Exhibition ditandai pemukulan tifa oleh Wagub, Ketua Dekranasda Maluku Widya Pratiwi Murad serta, Asisten Perekonomian Pemprov Sulsel Ichsan Mustari, Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto serta Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGPP) Hadi Basalamah.

Baca juga: 61 UMKM Maluku ikuti expo di Makassar, intensif promosikan produksi

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022