Komisi III DPRD Maluku mengingatkan pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur harus memprioritaskan setiap daerah terdampak bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau pun gempa bumi.

"Jangan lagi kita membangun berbagai infrastruktur dasar pada daerah-daerah yang memang belum terdampak bencana, tetapi dalam menyusun program pembangunan sangat penting untuk melihat wilayah lain yang sudah terkena dampak," kata wakil ketua komisi III DPRD Maluku, Hatta Hehanusa di Ambon, Senin.

Apalagi bila kerusakan infrastruktur itu mencakup objek-objek vital yang menyangkut kepentingan hajat hidup orang banyak seperti putusnya jalan raya atau jembatan penghubung, atau rumah-rumah warga di perkampungan terkepung banjir.

Menurut dia, komisi III telah melakukan rapat kerja dengan dinas terkait untuk membicarakan penanganan darurat pascabencana alam pada berbagai kabupaten dan kota.

"Teman-teman anggota komisi III dari berbagai dapil sudah sampaikan terkait titik-titik bencana dan sudah lengkap sehingga diharapkan prioritas pembangunan ke depan harus daerah yang terkena bencana menjadi prioritas dalam pembangunan infrastruktur," ujar Hatta.

Soal banjir Laala, Kabupaten Seram Bagian Barat, strasing komisi bahwa hal ini menjadi prioritas dan perhatian pemerintah provinsi maupun Kabupaten SBB.

"Kita juga meminta kepada pemkab SBB harus punya peranan penting dan jangan segala persoalan itu diserahkan ke pemprov," tandasnya.

Harus diketahui bahwa ada kewenangan-kewenangan kabupaten/kota dan provinsi, tetapi masyarakat beranggapan segala urusannya harus diselesaikan pemprov dan mereka lupa ada kewenangan di kabupaten/kota juga.

"Selain adanya surat masuk, sebagai anggota DPRD provinsi asal dapil SBB, kemarin saya juga meninjau beberapa wilayah di sana seperti dari La Ala sampai Waisala untuk melihat berbagai daerah yang kena dampak bencana alam sehingga komisi melakukan rapat bersama dinas terkait," jelas Hatta.

Untuk langkah strategisnya akan diambil pemprov yang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten.

Baca juga: Asprov PSSI Malut keluhkan minimnya pembangunan infrastruktur olahraga, kembalikan kejayaan Persiter

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022