Sebanyak dua kandidat lolos verifikasi calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ambon periode 2022-2026..

Dua kandidat yang lolos verifikasi yakni Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse dan mantan Sekretaris Kota Anthony Gustaf Latuheru, kata Ketua Panitia Tim Penjaringan dan Penyaringan, J. Solissa di Ambon, Rabu (15/6).

"Penjaringan calon ketua umum KONI dibuka sejak 8 Juni 2022, hingga penutupan hanya dua kandidat yang mendaftar, yakni pak Agus Ririmase dan pak Anthony Latuheru," kata Solissa.

Ia mengatakan, tahapan penjaringan dan penyaringan dimulai dengan  pendaftaran, pengembalian formulir, pemeriksaan formulir, validasi dan pemberkasan.

"Dua kandidat dinyatakan memenuhi 30 persen persyaratan yang ditetapkan panitia penjaringan dan penyaringan calon Ketum KONI," katanya 

Ia menjelaskan, sejumlah kriteria yang harus dimiliki sebagai bakal calon Ketum KONI diantaranya mempunyai kemampuan manajerial, memahami, konsekuen dan konsisten melaksanakan AD/ART KONI.

Kemudian mampu menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga, mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi.

"Serta mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tingkat regional dan dunia, " katanya.

Tim katanya, bekerja hingga tahapan pendaftaran dan pemberkasan, kewenangan selanjutnya ada pada panitia Musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (Muskot) Kota Ambon.

Muskot KONI kota Ambon dijadwalkan berlangsung 18 Juni 2022 dengan agenda memilih Ketua Umum KONI kota Ambon periode 2022 -2026.

Baca juga: KONI Ambon buka pendaftaran Balon ketua umum periode 2022-2024, siapkan regenerasi
Baca juga: Empat cabang olahraga jadi anggota KONI Kota Ambon

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022