PT PLN (Persero) melalui aplikasi PLN Mobile berhasil meraih penghargaan Marketeers Omni Brands of the Year 2022, yang merupakan bukti kesuksesan transformasi digital BUMN energi listrik ini terutama pada bidang pelayanan.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam siaran tertulisnya yang diterima di Ambon, Rabu, menyampaikan penghargaan bergengsi dari MarkPlus, Inc. itu merupakan wujud kegigihan PLN mengubah layanannya dalam platform digital.

“Ini hasil kerja keras dari tim PLN terutama tim PLN Mobile, khususnya tim marketing (pemasaran, red.) dan branding (citra perusahaan, red.). Mereka bekerja luar biasa,” kata Darmawan.

Ia menyebutkan salah satu transformasi digital yang dilakukan PLN adalah PLN Mobile, yaitu aplikasi yang memungkinkan pelanggan mengakses sebagian besar layanan PLN.

Darmawan menyampaikan sebelumnya layanan PLN dinilai berbelit, rumit, lambat, dan terpisah-pisah sehingga dari segi bisnis itu tidak efisien. Namun, layanan PLN yang saat ini telah terdigitalisasi menjadikan seluruh proses bisnis itu lebih sederhana, cepat, mudah, dan dapat diawasi secara langsung (real time).

Ia menyebut layanan PLN Mobile saat ini telah dimanfaatkan oleh banyak pelanggan terbukti dari naiknya jumlah pengguna dan rating.

“Rating PLN Mobile di Playstore sebelumnya 2,5, dan yang mengunduh hanya 500.000. Saat ini, rating aplikasi PLN Mobile di Google Playstore mencapai 4,8 dari skala 1–5 dengan sekitar 23,3 juta pengguna. Ini membuktikan kemudahan yang dihadirkan oleh PLN untuk mengakses layanannya mendapat apresiasi dari pelanggan,” kata Dirut PLN dalam siaran tertulisnya.

Oleh karena itu, penghargaan Marketeers Omni Brands of the Year 2022 menjadi cambuk bagi PLN untuk terus meningkatkan pelayanannya melalui PLN Mobile.

“Transformasi PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terbukti tidak hanya berhasil meningkatkan reputasi perusahaan, tetapi menjadi salah satu pendorong utama peningkatan kinerja keuangan perseroan yang terbaik sepanjang sejarah,” kata Darmawan.

Penghargaan Markeeters Omni Brands of the Year merupakan wujud apresiasi dari MarkPlus, Inc. terhadap perusahaan yang menjalankan strategi omnichannel atau strategi pemasaran produk, kampanye, pelayanan, dan promosi penjualan menggunakan platform digital.

MarkPlus, Inc. merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi, riset, edukasi, dan acara pemasaran (marketing).

Baca juga: PLN: tinggal lima dari 115 Ohoi di Kei Besar Malra belum berlistrik
Baca juga: PLN bantu program internet pintar untuk SMA Siwalima Ambon, begini penjelasannya

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022