Aplikasi PLN Mobile sejak diluncurkan mendapat pengakuan dari banyak pelanggan PLN karena memberikan kemudahan dan kecepatan layanan, serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Hal ini juga dirasakan oleh para pengguna aplikasi PLN Mobile dari berbagai kalangan di Provinsi Maluku.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Mohammad Malawat mengatakan, peningkatan layanan kelistrikan oleh PLN  semakin terlihat melalui aplikasi PLN Mobile.

"Dengan adanya PLN Mobile, saya melihat peningkatan semua layanan PLN mulai dari penyediaan listrik sampai penanganan gangguan listrik yang dialami masyarakat”, ujarnya.

Selain itu, pengalaman positif dalam penggunaan layanan kelistrikan  juga dirasakan oleh Pimpinan Media Tribun Ambon, Fauzan Marasabessy. Fauzan menceritakan pengalaman menggunakan aplikasi PLN New Mobile ketika baru membangun rumah. Saat itu ia mengalami kesulitan saat melakukan pengisian token listrik.

Saat dirinya melakukan pengisian token tertera kata "periksa", dan Fauzan tidak bisa menghubungi petugas PLN untuk menanyakan masalah tersebut.

"Saya teringat pernah download aplikasi PLN Mobile, lalu saya coba menggunakan aplikasi tersebut untuk pengaduan," katanya.

Baca juga: PLN: tinggal lima dari 115 Ohoi di Kei Besar Malra belum berlistrik

Fauzan mengaku terpukau dengan cepatnya respon aplikasi PLN Mobile menanggapi keluhan pelanggan. Hal tersebut di luar ekspektasi.

"Kami diarahkan apa yang menjadi kendala, setelah mengikuti petunjuk Alhamdulillah semua proses berjalan lancar dan kembali bisa menggunakan token listrik," ujarnya.

Pengalaman serupa juga dirasakan Pejabat Kepala Pemerintah Negeri Rutah Kabupaten Maluku Tengah, Djumadi Latarissa,menggunakan PLN Mobile, mudah memperoleh informasi terkait kelistrikan. 

"Fitur simulasi biaya untuk pasang baru juga sangat membantu karena kami dapat memprediksi nominal biaya yang akan dikeluarkan tanpa perlu takut angka yang tiba-tiba berubah jauh dari simulasi”, ujar Djumadi.

Saat ini rating aplikasi PLN Mobile di Google PlayStore mencapai 4,8 dari skala 5 dengan sekitar 23,3 juta pengguna. Hal ini membuktikan kemudahan yang dihadirkan oleh PLN untuk mengakses layanannya mendapatkan apresiasi juga dari pelanggan.

Baca juga: PLN Mobile raih Marketeers Omni Brands 2022, bukti suksesnya transformasi digital

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022