Ketua Umum KONI Provinsi Maluku Murad Ismail, meminta pengurus KONI Kabupaten Buru bekerja keras untuk menggenjot prestasi berbagai cabang olahraga prioritas di wilayah itu, sehingga mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi gemilang di masa mendatang.

"Pengurus KONI Kabupaten Buru harus bekerja keras meningkatkan pembinaan berkesinambungan agar melahirkan atlet berprestasi dari daerah ini," kata Murad Ismail di Namlea Ibu kota kabupaten Buru, Selasa.

Murad yang juga Gubernur Maluku, saat melantik pengurus KONI Buru periode 2022-2026 yang dipimpin Djalaludin Salampessy, meminta pengurus induk cabang olahraga itu untuk mempersiapkan atlet secara optimal, terutama menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Polmal) IV yang dijadwalkan berlangsung akhir tahun 2022.

Pelantikan kepengurusan, ujar Murad, menjadi momentum strategis peningkatan prestasi olahraga di kabupaten penghasil minyak kayu putih itu, melalui program-program pembinaan dan latihan yang terukur.

"Pembinaan terukur dan berkesinambungan juga perlu didukung oleh seluruh pemangku kepentingan di Pulau Buru sehingga ke depan akan lahir atlet-atlet berkualitas dan berprestasi yang mampu mengharumkan nama Maluku di berbagai kejuaraan nasional maupun internasional," katanya.

Gubernur Maluku itu menyadari pengembangan olahraga prestasi di provinsi tersebut masih diperhadapkan dengan berbagai permasalahan antara lain ketersediaan infrastruktur, peralatan, anggaran serta sistem pembinaan dan pengembangan atlet yang belum profesional. 

Para pengurus KONI juga diingatkan untuk tidak melakukan tindakan non prosedural dan tidak profesional yang berdampak terhadap kepercayaan masyarakat di Pulau Buru terhadap keberadaan induk cabang tersebut.

"Saya berharap pengurus dapat melakukan langkah konstruktif dan komprehensif dalam rangka pembinaan serta pengembangan potensi atlet dan cabang olahraga andalan di kabupaten Buru," ujarnya.

Selain melantik pengurus KONI Kabupaten Buru, Gubernur yang didampingi istrinya Widya Pratiwi juga membuka kejuaraan futsal memperebutkan piala "Ina Latu Cup tahun 2022".

Kejuaraan yang digelar memeriahkan HUT ke-77 Proklamasi RI, diikuti 76 tim dengan total bonus sebesar Rp50 juta.

Baca juga: KONI Maluku agar beri pendampingan dan dana pembinaan ke seluruh Cabor

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022