Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengingatkan warga, khususnya pengendara kendaraan bermotor, mewaspadai ancaman bencana alam berupa pohon tumbang dan tanah longsor di berbagai ruas jalan akibat hujan disertai angin kencang.

"Kejadian pohon tumbang sering terjadi di berbagai kawasan Kota Ambon ketika turun hujan disertai angin kencang, bahkan pada Selasa, (23/8) 2022 kemarin ada dua kejadian meski pun tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kasi Humas Polresta setempat, Ipda Moyo Utomo di Ambon, Rabu.

Sebuah mobil yang sementara parkir di kawasan Kelurahan Hunipopu tertimpa pohon yang tumbang di tepi jalan dan sempat menutup ruas jalan tersebut.

Menurut dia, arus lalu lintas sempat terhenti beberapa jam karena menunggu aparat kepolisian bersama petugas Pemadam Kebakaran Pemkot Ambon membersihkan material yang menutup badan jalan.

"Kemudian pada malam hari juga terjadi peristiwa pohon tumbang di Jalan Raya Suli, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah," ujarnya.

Baca juga: Bhabinkamtibmas Ambon bantu warga bersihkan pohon tumbang

Meski pun tidak menimbulkan korban jiwa dan material, namun arus lalu lintas di kawasan itu sempat terganggu akibat pohon yang sudah tua usianya tumbang dan menutupi sebagian badan jalan.

"Cuaca ekstrem ini agaknya belum berakhir karena hujan disertai angin kencang masih terus mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya sehingga warga diingatkan untuk selalu berhati-hati," kata Moyo Utomo.

Baca juga: DLH antisipasi pohon tumbang di Ternate
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022