Badan pengawasan pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku menyatakan sudah merekrut 352 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) dari 118 kecamatan yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku. 

 

“Jadi sudah ada sebanyak 352 anggota Panwaslu kecamatan yang sudah kita rekrut melalui serangkaian seleksi tentunya,” kata Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Provinsi Maluku Stevin Melay, di Ambon, Kamis. 

 

Ia mengatakan, dari masing-masing kecamatan, terdiri dari tiga anggota Panwaslu kecamatan. Tetapi, pada kecamatan Wetar Utara, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), hanya terisi oleh satu orang. 

Baca juga: KPU Ambon verifikasi 1.950 anggota parpol, begini penjelasannya

 

“Seharusnya kalau tiga dikali 118 itu 154 ya, tetapi di kecamatan Wetar Utara, MBD, hanya terisi oleh satu orang, jadi cuma 352 anggota,” katanya. 

 

Ia mengungkapkan, sejak tahapan awal perekrutan anggota Panwaslu kecamatan di Kecamatan Wetar Utara, peserta yang mengambil formulir hanya tiga orang. 

 

Ketiga peserta itu mengikuti proses hingga pada tahapan tes Computer Assisted Test (CAT). Ketika sampai pada tahapan tes wawancara, hanya satu peserta yang datang, dua lainnya tidak.

 

"Ini juga karena kendala rentang kendali. Makanya satu peserta yang hadir itulah yang dinyatakan lolos. Dua lainnya gagal," terangnya.

 

Solusi atas masalah ini, lanjut Stevin, pihak Bawaslu setempat kemudian berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi dan ditindaklanjuti ke Bawaslu Pusat.

 

"Kita sudah berupaya untuk mengambil langkah antisipatif dengan peserta dari kecamatan lainnya di MBD, tapi mereka juga tidak mau. Makanya kita tunggu hasil selanjutnya dari Bawaslu RI," ujarnya.

Baca juga: Kasad Jenderal Dudung Abdurachman ingatkan prajurit pegang teguh netralitas TNI di Pemilu 2024

 

Pelantikan Panwaslu Kecamatan yang ada dijadwalkan mulai tanggal 27 hingga 29 Oktober 2022.

 

"Jadi kita beri ruang untuk Bawaslu kabupaten/kota melakukan pelantikan anggota panwaslu kecamatan terpilih di hari ini sampai hari Sabtu, 29 Oktober 2022," kata Stevin. 

 

Menurutnya, usai dilakukan pelantikan, masing-masing Bawaslu kabupaten/kota akan melanjutkan dengan tahapan pembekalan terhadap anggota panwaslu kecamatan dimaksud.

Baca juga: KPU Ambon lakukan verifikasi faktual kepengurusan sembilan parpol, perlu ketelitian

 

Pembekalan tersebut penting karena membahas terkait tugas pokok serta kewenangan berdasarkan perundang-undangan dan tata kerja dari para anggota panwaslu.

 

"Setelah itu nanti juga akan digelar bimbingan teknis (bimtek) berkaitan dengan penguatan fungsi pengawasan dan penindakan serta yang lainnya," ungkap Stevin.

 

Ia mengaku, selama pelaksanaan perekrutan Panwascam, tahapannya berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang berarti. 

 

"Memang ada hal-hal yang disampaikan oleh masyarakat sepanjang proses seleksi berlangsung, kami apresiasi itu. Tapi, hal-hal tersebut tidak mengganggu tahapan proses," ucap Stevin.

Baca juga: Bawaslu Malut buka posko pengaduan rekrutmen Panwaslu kecamatan

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022