Polisi Wanita Kepolisian Daerah (Polda) Maluku memberikan bantuan kepada korban kebakaran di kawasan Lorong Tahu, Pasar Mardika, Kota Ambon.

Bantuan yang diberikan Polwan Polda Maluku kepada para pengungsi kebakaran berupa 15 karton pamper, pakaian bekas layak pakai, tujuh karton susu dan ovaltine, 54 lusin pakaian dalam dewasa dan anak laki-laki dan perempuan, serta tujuh karton makanan ringan untuk anak-anak.

"Kami hadir di sini dalam rangka melaksanakan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian kami terhadap para korban kebakaran," kata Perwira Koordinator (Pakor) Polwan Polda Maluku, Rositah Umasugi, di Ambon, Kamis.

Bantuan yang disalurkan tersebut, kata mantan Kapolres Maluku Tengah ini, merupakan kekuatan atau patungan dari personel Polwan Polda Maluku.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan kepada korban kebakaran Lorong Tahu Ambon
 

"Dananya bersumber dari sumbangan sukarela Polwan Polda Maluku yang diharapkan dapat sedikit meringankan beban para pengungsi di Pasar Mardika ini," ujarnya.

Aksi sosial kemanusiaan yang dilaksanakan tersebut, selain menyalurkan bantuan kebutuhan pengungsi, khususnya ibu dan anak-anak, juga dilakukan trauma healing, dan pemeriksaan kesehatan.

Rositah mengajak para pengungsi agar tidak menyerah dengan musibah yang dialami saat ini.

"Mari kita semua menjadikan kejadian ini sebagai pelajaran bagi kita semua, karena segala sesuatu yang terjadi ada hikmahnya," ajak Rositah.

Bantuan lainnya yang dilakukan yaitu bhakti kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan gratis kepada para pengungsi dan pekerja di dapur umur, serta kegiatan trauma healing.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Rijali, Marlina Haupea, mewakili masyarakat Kelurahan Rijali menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi atas kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan Polwan Polda Maluku.

Baca juga: Polda Maluku bantah larang wartawan meliput di lokasi kebakaran Lorong Tahu
 

"Semoga dengan bhakti sosial yang dilakukan Polwan Polda Maluku ini dapat meringankan kebutuhan masyarakat khususnya ibu dan anak-anak," harapnya.

Kegiatan bhakti sosial itu dipimpin Perwira Koordinator Polwan Polda Maluku, AKBP Rositah Umasugi, Turut hadir Kepala Kelurahan Rijali, Relawan Dinas Sosial Kota Ambon, dan personel Polwan Polda Maluku.

Diberitakan, Kebakaran yang melanda kawasan Pasar Mardika terjadi sekira pukul 03.30 WIT. Ratusan rumah warga, kios dan lapak pedagang ludes habis terbakar. Hampir lebih dari lima jam api baru bisa dipadamkan pemadam kebakaran dibantu masyarakat.

Insiden tersebut, mengakibatkan tiga orang korban, dua di antaranya meninggal dunia, satu orang lainnya terkena luka bakar dan sudah dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon. Kini, sebanyak 845 orang sedang mengungsi.

Penyebab kebakaran tersebut masih belum diketahui pihak kepolisian. Polisi juga telah memasang “Police Line” agar tidak ada aktivitas masyarakat di area kebakaran.



Baca juga: Istri Gubernur Maluku salurkan bantu korban kebakaran Lorong Tahu Ambon

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022