PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM) menyerahkan sumbangan berupa 1.001 bibit mangrove kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan pada Rabu (4/1).

Langkah ini dilakukan untuk menjawab panggilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan dalam upaya pelestarian kawasan Pulau Widi, sekaligus menyukseskan program pemerintah Halmahera Selatan, “Mangrove For Widi”.

Sumbangan bibit mangrove ini diterima oleh Syamsudin Abas ST.MT selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan, di kantornya yang bertempat di Jln. Raya Labuha-Babang Desa Marabose, Kecamatan Bacan. 

Baca juga: Unkhair gandeng Harita Nikel rehabilitasi mangrove di Halsel Maluku Utara

Perwakilan perusahaan PT Gelora Mandiri Membangun, Mr. Sehoon Lim pada momentum penyerahan sumbangan bibit ini menyampaikan harapannya untuk keberhasilan upaya pelestarian alam di kawasan Pulau Widi.

“Saya pribadi melihat kepulauan Halmahera secara keseluruhan merupakan kawasan yang sangat indah dan menyimpan banyak potensi. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, diharapkan terjadi keseimbangan juga keselarasan antara manusia dan alam,” ujarnya.

Bibit-bibit pohon mangrove yang diserahkan oleh PT Gelora Mandiri Membangun rencananya akan ditanam di Pulau Widi sebagai upaya penghijauan. Pohon mangrove memiliki peran penting untuk mendukung ekosistem wilayah pesisir. Mangrove berfungsi untuk menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan-bahan pencemar.
   
Serah terima bibit pohon mangrove dari perwakilan dari Gelora Mandiri Membangun (GMM) Mr. Sehoon Lim kepada Syamsudin Abas ST.MT selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan.

Sementara itu, dikutip dari website Kabupaten Halmahera Selatan, di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, tiga atol dan mempunyai dua gugusan pulau yang dikenal oleh masyarakat nelayan, sebagai Pulau Daga Gane (berhadapan dengan Kecamatan Gane Timur Selatan) dan Daga Weda (berhadapan dengan Kecamatan Gane Timur Tengah). Kepulauan Widi menjadi surga bagi para nelayan karena potensi perikanannya yang besar. 

Baca juga: Tamu negara G20 tanam mangrove, Jokowi berdampingan dengan PM India dan Joe Biden

Kepulauan Widi bisa dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara, dan sering dijadikan destinasi wisata. Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling. 

PT Gelora Mandiri Membangun merupakan bagian dari TSE Group, yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. 

Baca juga: Komunitas lingkungan dan PLN Maluku bersihkan lahan mangrove Poka Ambon

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023