Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara (Malut), menggandeng Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) menggelar kegiatan Festival Lato-Lato bagi anak-anak usia dini.

Kadis Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sula, Kamal Drakel dihubungi ANTARA, Senin, mengatakan, dengan perkembangan motorik, maka permainan lato-lato ini dapat digunakan untuk melatih motorik anak, baik motorik kasar maupun motorik halus.

"Kombinasi antara keterampilan motorik kasar dan motorik halus. Terdapat unsur kecepatan, keseimbangan, konsentrasi, berpindah tempat, daya tahan otot ," katanya.

Dia menjelaskan, selain dari unsur motorik, terdapat unsur sosial yaitu anak-anak akan mudah melakukan sosialisasi kepada temannya dan akan saling berkompetisi dengan temannya yang sama-sama memainkan lato-lato. 

"Anak yang bisa memainkan permainan ini maka mereka akan lebih percaya diri dan mampu berbagi strategi untuk memainkan lato-lato dengan temannya, selain itu, terdapat melatih mentalitas generasi milenial untuk tampil di kegiatan yang lain di publik suatu kemudian hari," ujarnya.

Peserta lomba yang terdiri dari tingkat SD sebanyak 550 orang dan SMP Sebanyak 200 orang serta SMA/Umum sebanyak 50 orang total 800 orang yang memadati benteng Sanana.

Bahkan, untuk kegiatan ini bagian dari langka awal dari seluruh rangkaian kegiatan yang dicanangkan.

"Mudah-mudahan, setelah dari kegiatan festival lato-lato, Pemkab Kepsul bersama pemangku kepentingan akan terus menggelar lomba cerdas-cermat tingkat anak usia dini," katanya.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua DPD KNPI Kepulauan Sula, Samsul Agus Banapon mengatakan, tidak sekadar permainan serimonial, akan tetapi permainan lato-lato pun ternyata dapat berpengaruh terhadap perkembangan motorik.

Perkembangan motorik merupakan sesuatu proses kemasakan atau gerak yang langsung melibatkan otot-otot untuk bergerak dan proses syaraf yang menjadi seseorang mampu menggerakkan dan proses syaraf yang menjadikan seseorang mampu menggerakkan tubuhnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023