Bunda Literasi Maluku Widya Pratiwi Murad menyampaikan wisuda Al Quran massal bisa menumbuhkan generasi islami di provinsi itu.

"Teruntuk anak-anakku tercinta, jangan kalian berhenti mengaji setelah diwisuda, justru semakin rajin, istiqomah, pelajari, amalkan isi Al Quran karena kalian akan menjadi generasi emas provinsi Maluku. Terima kasih saya sampaikan kepada bapak ibu pengasuh karena telah mendidik anak-anak dengan tulus dan ikhlas," ujarnya di Ambon, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu pada penyelenggaraan wisuda  Al Quran massal  digagas oleh Pokja Penyuluh Agama Islam Kemenag Kota Ambon bersama TPQ/TPA, dengan mengusung tema "Penguatan Literasi Al-Qu an Menuju Kota Ambon yang Religius, Harmoni dan Sejahtera".

Wisuda tersebut diikuti oleh sebanyak 1.273 santri dari 83 Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) se-Kota Ambon.

Menurut Widya,  wisuda bagi para santri merupakan suatu penghargaan terhadap prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai para santri, sekaligus merupakan pembuktian bahwa para santri telah pandai membaca dan menulis Al-Qur'an.

Widya mengajak orang tua santri untuk meningkatkan peran dalam membekali anak-anak dengan dasar keimanan dan akhlak mulia. 
 
Bunda Literasi Maluku Widya Pratiwi Murad saat memindahkan tali toga wisudawan Al-Qur'an (Antara/DedyAzis)

Sebab, dengan dasar ini para orang tua dapat menuntun sekaligus membentengi diri anak-anak dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, anak-anak akan mampu menjadi anak-anak yang berkualitas

"Saya berharap dengan digelarnya khatam ini akan makin meningkatkan kecintaan anak-anak kepada Al-Qur'an, sehingga dapat menjadikan mereka menjadi anak yang sholeh sholehah dan berakhlak mulia" ajak Widya. 

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Yamin menerangkan, kegiatan ini berperan penting dalam upaya menumbuhkan kembangkan minat baca Al-Qur'an di kalangan masyarakat dengan harapan agar akselerasi program pemerintah untuk membumikan Al Quran.

"Kami berpesan, agar para santri tetap menjaga bacaannya sedangkan kepada orang tua, kami mengingatkan agar senantiasa mendampingi anak-anak untuk menjaga kelestarian bacaan Al Quran mereka," terang Yamin. 

Kegiatan wisuda massal dihadiri oleh PJ Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena ,Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Fahmi Salatalohy dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon, Ketua DWP Maluku Nita Sadali, Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, KH RR Hasanussy dan undangan lainnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023