Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon (Maluku) dan Vlissingen (Belanda) akan membangun klinik mata di desa Passo, kecamatan Baguala, pada 2012.

"Klinik mata akan dibangun awal 2012, pembangunan ini merupakan kerja sama Ambon - Vlissingen sebagai kota kembar (sister city) ," kata Ketua yayasan kerja sama Vlissingen - Ambon Bob Latuheru, Kamis.

Menurutnya, rencana pembanguan klinik mata telah disampaikan kepada mantan Wali Kota Ambon Jopie Papilaja pada 2010, tetapi realisasi pembangunan akan dilakukan pada awal 2012

"Saat ini kami hanya menindaklanjuti rencana pembangunan klinik dengan Wali Kota Richard Louhenapessy," katanya.

Latuheru mengatakan, desain bangunan klinik telah disiapkan Pemkot, sedangkan pihaknya menyiapkan peralatan serta tenaga klinik mata tersebut.

"Bila proses pembangunan klinik telah berlangsung, kami akan segera mengirimkan peralatan penunjang, serta tenaga medis untuk mengoperasikan klinik mata," katanya.

Ia mengharapkan kehadiran klinik mata dapat menolong masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mata.

"Klinik ini bukan hanya untuk penyakit katarak tapi untuk penyakit mata lain. Kami akan mengirimkan dokter dan tim manajemen untuk mengatur klinik, kami yakin program ini dapat berjalan dengan baik," katanya.

Latuheru menambahkan, bentuk kerja sama Ambon - Vlissingen lain adalah bedah plastik dan bibir sumbing pada 6 Februari 2012.

"Kami akan melakukan operasi bedah plastik dan bibir sumbing bagi anak-anak dan dewasa dan luka bakar bedah plastik pada 6 February dimulai, operasi ini untuk masyarakat miskin dari Kota  Ambon dan sekitarnya, kami harap ini dapat disebarluaskan untuk masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Menurutnya, operasi ini ditujukkan bagi masyarakat ekonomi bawah dan tidak dipungut biaya. "Operasi ini gratis bagi masyarakat yang tidak mampu, sehingga diharapkan mereka segera menghubungi Dinas Kesehatan Kota Ambon dan RSUD Haulussy untuk memperoleh keterangan pendaftaran," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011