Papeda ikan kuah kuning adalah salah satu kuliner di Maluku yang menjadi incaran para wisatawan dengan rasa ikan yang manis berpadu kuah yang gurih.

Papeda ikan kuah kuning berbahan dasar sagu tumang dan ikan, bisa kita jumpai di Ambon Maluku salah satunya di Resto 88 Ambon yang terletak di Jl. Y. Syaranamual Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon.

Mama nani, pemilik Resto 88 yang sudah berjualan selama 12 tahun pada menyampaikan harga papeda dan ikan kuah kuning cukup bervariasi tergantung ukuran besarnya ikan, mulai Rp50.000 hingga Rp.300.000 kita sudah menikmati kuliner ini dengan porsi 2 sampai 4 orang. 

Namun demikian, satu hal yang membuat kuliner di resto 88 ini berbeda adalah kenari dan belimbing wuluh yang di tambahkan pada bumbu ikan kuah kuningnya

"Cara masaknya pun cukup mudah,  untuk papeda sagu tumang  diendapkan dan disiram air panas mendidih lalu diaduk sampai merata, lalu dihidangkan dengan ikan kuah kuning yang di buat dari bumbu seperti cabai, kunyit, jahe, lengkuas, daun salam, daun kemangi, daun jeruk, lemon serta bawang merah dan putih", lanjut Mama Nani menjelaskan.

Jenis ikan untuk membuat ikan kuah kuning di Resto 88 biasanya adalah ikan kakap putih dan kakap merah, kerapu,tuna, cakalang tapi pada dasarnya semua jenis ikan bisa diolah menjadi ikan kuah kuning.

Di Resto ini  selalu ramai ketika hari libur, bulan puasa serta adanya event lokal dan nasional di Maluku.

Nani berharap agar Pemerintah dapat membuat event lokal maupun nasional seperti, pesparani, MTQ agar resto ramai dikunjungi pelanggan.

Pewarta: Aris Munandar

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023