Pemerintah Kota Ternate , Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Distan) menjamin stok bahan pokok mencukupi  menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah  sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Kami telah memantau dan mengecek seluruh kebutuhan pangan baik itu sembako dan kebutuhan daging tetap tersedia hingga lebaran Idul Adha nanti," kata Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Distan Kota Ternate Hairuddin dihubungi dari Ternate, Jumat.

Dia menyatakan, petugas yang diterjunkan ke distributor sembako dan sejumlah sentra pasar rakyat memastikan seluruh stok kebutuhan tersedia seperti bawang, tomat, minyak goreng hingga daging ayam dan daging sapi.

Selain itu  pihaknya juga akan menggelar pasar murah menjelang lebaran Idul Adha, sehingga ketersediaan pangan bagi masyarakat tetap terjangkau.

Bahkan, saat ini, Dinas Pangan telah melakukan berbagai strategi melalui penyediaan gudang untuk kebutuhan pangan  jika sewaktu-waktu terjadi kelangkaan kebutuhan pangan maupun  lonjakan harga.

Sementara itu, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) meminta pemerintah daerah Malut menyiapkan cadangan pangan, guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan kebutuhan masyarakat yang bisa berimplikasi naiknya angka inflasi.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemprov Malut, Asrul Gailea ketika dihubungi meminta seluruh daerah untuk terus menjaga ketersediaan pangan, karena dikhawatirkan saat kebutuhan masyarakat meningkat terjadi  kenaikan harga yang bahkan tidak bisa dikendalikan.

Menurut dia, pihaknya telah meminta agar kebutuhan pangan yang harus terus dijaga seperti ikan dan bahan bakar minyak (BBM).

Untuk kebutuhan ikan misalnya, harus digunakan satu pintu dalam pendaratan ikan dan pencadangan pangan, karena sewaktu-waktu terjadi cuaca buruk maka harga berpotensi  mengalami kenaikan.

Begitu pula, kebutuhan pokok yang sebagian besar didatangkan dari luar Malut, dan kebutuhan BBM harusnya ada pencadangan yang bisa diatur pemerintah guna menekan terjadinya kenaikan harga.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023