Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menyerahkan sebanyak 7.077 bantuan sosial (Bansos) untuk membantu masyarakat kurang mampu di seluruh Provinsi Maluku.

"7.077 Bantuan Sosial (Bansos), ini dibagikan melalui Kepolisian Resort (Polres) Jajaran yang ada di seluruh Provinsi Maluku," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, di Ambon, Senin. 

Selain itu Polda juga menggelar bakti kesehatan kepada masyarakat bertujuan  meningkatkan pelayanan dan perlindungan  kepada masyarakat.

Ia merinci 7.077  dibagikan kepada panti asuhan sebanyak 2.000 paket sembako, panti jompo 600, buruh pelabuhan 1.000, tukang becak 1.020, petugas kebersihan 830, tukang ojek 1.027, dan SLB 600 paket sembako. 

“Ini dilakukan secara serentak dalam menyambut hari Bhayangkara ke-77, untuk membantu masyarakat kurang mampu,” ujar Kapolda. 

Selain itu, Polda Maluku juga menggelar bakti sosial religi untuk 363 rumah ibadah di seluruh Provinsi Maluku melalui  Polres jajaran.

“Kami melakukan bakti religi seperti pembersihan hingga merenovasi ringan sampai dengan sedang beberapa rumah ibadah di seluruh wilayah Maluku. Ada masjid, gereja dan pura, kita lakukan kerja bakti bersama," katanya. 

Ia merinci kegiatan bakti sosial religi yang dilaksanakan oleh Polda Maluku dan Polres jajaran bertempat di rumah ibadah sebanyak 117 masjid, 124 gereja, dan 5 pura yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku. 

Tidak hanya itu, Polda Maluku juga melaksanakan sejumlah kegiatan sosial. Di antaranya bedah rumah terhadap eksternal yaitu masyarakat kurang mampu, anggota dan keluarga besar Polri, termasuk purnawirawan yang juga diberikan sentuhan.

"Ada 11 unit rumah yang kita bedah. Kita juga renovasi sarana air bersih di dusun Hila Tanah Putih, desa Tawiri Ambon," katanya.

Sebelumnya, Polda Maluku juga sudah melaksanakan bakti kesehatan, yakni dengan donor darah, vaksinasi, khitanan massal, dan juga operasi bibir sumbing

"Kita berharap di Maluku ini kegiatan Baksos dan Bansos bisa kita laksanakan secara maksimal," harap Kapolda.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023