Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Ambon (KSOP) kelas I Ambon mengampanyekan aksi bersih laut dalam rangka memperingati Hari Pelaut Sedunia.

"Kami melibatkan beberapa elemen pemangku kepentingan dalam kegiatan ini termasuk Bakamla, Pelindo, KPYS, BMKG, sekolah maritim, TKBM dan masyarakat," ujar Kepala Kantor KSOP Kelas I Ambon, Arif Muljanto di Ambon, Senin.

Kegiatan tersebut digelar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, dalam sorotan tema 'Laut layak dilindungi'.

Menurut Muljanto, saat ini KSOP kelas I Ambon tengah berfokus pada aspek perlindungan lingkungan maritim sekitarnya.

Baca juga: KSOP Ambon ingatkan penumpang kapal saat Natal harus vaksin lengkap, perketat Prokes
 

"Selain memperhatikan aspek-aspek keselamatan, tetapi aspek perlindungan lingkungan maritim juga harus diperhatikan. Semua pihak harus terus memastikan perlindungan lingkungan maritim," katanya menjelaskan.

Kawasan pelabuhan Yos Sudarso Ambon dipilih pada aksi bersih laut ini lantaran lokasinya yang bersebelahan langsung dengan pasar terbesar di Kota itu yakni Pasar Mardika.

Karena lokasinya yang dekat dengan pasar dan permukiman warga, membuat area lautnya pun dipenuhi sampah rumah tangga pada beberapa bagian.

Sehingga kampanye aksi bersih laut tersebut dinilai penting sebagai salah satu percontohan bagi masyarakat sekitar agar turut perduli dengan kebersihan laut.

Ia pun berharap kegiatan aksi bersih laut tersebut tak hanya menjadi agenda seremonial saja, akan tetapi masyarakat juga dapat langsung mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga: KSOP batasi penumpang arus mudik tujuan Ternate-Ambon, ini sebabnya
 

“Saya harap agar tidak hanya berhenti disini, tetapi kita dengan melakukan kegiatan bersih-bersih pantai kita hadir untuk menjamin keamanan dan perlindungan. Oleh karena ini adalah momentum awal kita untuk terus bergerak mendorong perekonomian yang ada di daerah Maluku dan sekitarnya,” tegasnya.

Selain kegiatan bersih laut dan pantai, dilakukan juga penilaian pengumpulan sampah terbanyak dan yel yel terbaik yang berhasil diraih oleh siswa Akademi Maritim Maluku dengan mendapatkan bonus Rp1.000.000 dan juga bonus belanja sebesar Rp100.000.

Peringatan Hari Pelaut Sedunia 2023 merupakan perayaan tahunan yang dimaksudkan untuk mengapresiasi jasa para pelaut di dunia.


Baca juga: KSOP Ternate imbau pemudik perhatikan keselamatan dalam pelayaran

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023