Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku meminta para Bintara dan Tamtama Polri gelombang pertama tahun 2023 untuk membangun solidaritas dengan TNI.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan pembekalan yang diikuti 162 anggota Polri Remaja yang baru dilantik, berlangsung di Gedung Sports Center Markas Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon.

"TNI dan Polri adalah pilar penting dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), jadi saya minta untuk lebih membangun solidaritas dan bersinergi," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, di Amnon, Kamis.

Ia menyampaikan, menjadi anggota Polri adalah jalan hidup dan profesi yang telah dipilih dengan sadar atau tanpa ada paksaan. Polri diikat oleh sumpah Bhayangkara, Tribrata (pedoman hidup) dan Catur Prasetya (pedoman kerja).

Kata Kapolda, Polri adalah insan Rastra Sewakottama (Abdi utama daripada nusa dan bangsa). Tugas utama Polri yaitu melayani dan melindungi masyarakat. Perilaku dan tindakan anggota Polri dibatasi oleh kode etik dan disiplin serta berlaku dalam peradilan umum.

"Bijak Bapak Kapolri adalah Presisi dan program Kapolda Maluku adalah Basudara Manise untuk mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera," katanya menjelaskan.

Ia menambahkan, Bintara Polri merupakan garis terdepan dalam pelayanan dan perlindungan masyarakat (adaptif, profesional, loyalitas, dan integritas).

Sementara itu, senada dengan Kapolda, Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa menegaskan, TNI dan Polri harus terus menjaga soliditas atau solidaritas, serta mengutamakan kegotongroyongan yang merupakan kunci kemajuan bangsa.

“Dan yakin tidak ada yang super bisa di negeri ini, semua perlu berkolaborasi untuk kemajuan NKRI," ujarnya.

Komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan kerja sama yang baik akan semakin menguatkan soliditas demi terciptanya stabilitas keamanan agar tetap kondusif.

TNI dan Polri mempunyai kewajiban mendukung dan membantu mensukseskan setiap program-program pemerintah.

"Program pemerintah dicanangkan dalam berbagai bidang, termasuk untuk menyejahterakan masyarakat, dan membantu penanganan bencana alam, memberikan pembinaan kepada masyarakat agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, dan menciptakan serta menjaga wilayah agar tetap kondusif," tandasnya.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023