Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku membagikan sebanyak 5.275 bendera merah putih kepada warga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78

"Untuk menyemarakkan HUT RI ke-78 Tahun 2023 di Provinsi Maluku, maka digelar pencanangan gerakan pembagian Bendera Merah Putih Tingkat Provinsi Maluku, yang berpusat di Lapangan Merdeka Kota Ambon," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie di Ambon, Selasa.

Sadali mengatakan gerakan itu merupakan program nasional bertajuk 10 Juta Bendera Merah Putih yang juga untuk menyambut tahapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024, yang telah dimulai.

Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya gesekan-gesekan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus untuk menggugah rasa patriotisme dan meningkatkan semangat nasionalisme.

“Gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa Bendera Merah Putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang selama bulan kemerdekaan ini akan berkibar di seluruh Wilayah Kesatuan Republik Indonesia," kata Sadali menjelaskan.

Sekda, atas nama Pemerintah Daerah Maluku, juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal dan pihak swasta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Senada dengan hal itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Maluku, Daniel E. Indey, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme setiap Warga Negara Republik Indonesia.

“Kegiatan pengumpulan Bendera Merah Putih dimulai dari tanggal 17 Juli 2023, dengan melibatkan partisipasi OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Lembaga/Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Swasta.” Ungkapnya.

Indey menyampaikan, bendera yang terkumpul sampai hari ini sebanyak 5.275 lembar dari target 5.000 lembar bendera, dengan rincian 4.000 lembar dari OPD lingkup Pemda Maluku dan 1.275 dari instansi vertikal/BUMN/BUMD dan swasta.

“Bendera ini akan didistribusikan dengan cara membagikan kepada perwakilan pemerintah negeri/desa/kelurahan yang hadir pada kegiatan itu, pembagian langsung kepada desa-desa yang ada di wilayah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, serta membagikan langsung kepada masyarakat dengan slogan 'Sidak Merah Putih' ke rumah-rumah penduduk yang belum memiliki bendera.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Maluku Brigjen TNI Anto Irianto Popang, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Daerah Maluku Jhon Ruhulessin, Para Staf Ahli Gubernur dan Asisten Sekda Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Perwakilan Kepala Pemerintahan Se-Kota Ambon, Pengurus Paguyuban dari 16 etnis, Pimpinan Ormas/OKP, dan unsur lainnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Maluku bagikan ribuan bendera ke warga sambut HUT RI ke-78

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023