Dinas Pertanian Provinsi Maluku menerima 85 unit alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan), diantaranya berupa 25 unit cultivator,  20 traktor roda empat, 40 traktor roda dua.

“Iya, kami menerima bantuan alat mesin pertanian ada 85 unit. Ini semua atas permintaan Gubernur Maluku kepada Menteri Pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian Ilham Tauda, di Ambon, Sabtu.

Puluhan alat pertanian ini didistribusikan kepada 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku dan diterima oleh perwakilan masing-masing kabupaten/kota usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Maluku ke-78.

“Dan dalam sejarah bantuan kementerian baru kali ini yang banyak. Ini tentunya tidak lepas dari arahan dan upaya Pemprov Maluku melalui Kementerian Pertanian,” ujarnya.

Ilham mengatakan maksud dan tujuan bantuan alat mesin pertanian ini juga sebagai bentuk upaya meningkatkan produksi dan produktivitas dari pertanian di Maluku.

Ia berharap dengan adanya bantuan alat mesin ini dapat memacu para petani di Maluku meningkatkan produktivitas sehingga mampu mendongkrak kesejahteraan para petani. 

“Yang paling penting adalah meningkatkan produksi dan perdagangan kita, juga produktivitas petani kita,” ucap Ilham.

Diketahui, 11 kabupaten/kota yang menerima alat mesin pertanian yakni Kabupaten Buru (15 unit), Buru Selatan (tiga unit), Kepulauan Aru (tiga unit), Kepulauan Tanimbar (enam unit), dan Kota Ambon (empat unit).

Kemudian Kota Tual (lima unit), Maluku Barat Daya (enam unit), Maluku Tengah (17 unit), Maluku Tenggara (enam unit), Seram Bagian Barat (10 unit),  dan Seram Bagian Timur (10 unit).

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023