Kodim 1501/Ternate Maluku Utara (Malut) bersama masyarakat mengerjakan proyek pembangunan jalan di kawasan Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) Pulau Batang Dua dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118.

"Proyek infrastruktur jalan setapak sepanjang 494 meter dan lebar 2 meter ini bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur dan mempermudah akses masyarakat di wilayah Bido, Pulau Batang Dua Kota Ternate," kata Komandan SSK Satgas TMMD Kodim 1501/Ternate Letda Inf Hamdi Umasugi dihubungi dari Ternate, Jumat.

Dia mengatakan, proses pembangunan jalan setapak dilakukan dengan kerja bakti, dimana Satgas TMMD dan masyarakat setempat saling bahu membahu untuk menyelesaikan proyek tersebut. Satgas TMMD memberikan arahan teknis pengerjaan dan penyiapan bahan material.

Selain itu, kata Hamdi, keikutsertaan masyarakat dalam proyek ini merupakan bentuk komitmen dan keprihatinan mereka terhadap kondisi infrastruktur yang masih kurang memadai di Kelurahan Bido. 

Baca juga: Warga daerah 3T di Kepulauan Sula nikmati air bersih

Dalam upaya menjaga kualitas konstruksi jalan setapak, seluruh tim memperhatikan detail pekerjaan serta menggunakan material yang berkualitas. Pengerjaan dilakukan dengan teliti dan cermat guna memastikan jalan setapak yang dihasilkan dapat bertahan lama.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pulau Batang dua, Esau Sidemu berharap jalan setapak ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar Kelurahan Bido. Akses yang lebih baik akan memudahkan mereka dalam beraktivitas sehari-hari, terutama dalam mengangkut hasil laut.

Dia mengatakan dengan bergotong-royong pembangunan infrastruktur dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien. Ia berharap  pembangunan di Kecamatan Pulau Batang Dua terus berlanjut dan membawa manfaat bagi masyarakat.


Baca juga: Satgas TMMD bangun jembatan penghubung desa dan talud di Tanimbar

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023